Ini Hitung-Hitungan Kans Timnas Indonesia Lolos 16 Besar Piala Asia Setelah Bungkam Vietnam

Jurnalis: M. Rifat
Editor: Mustopa

21 Januari 2024 03:21 21 Jan 2024 03:21

Thumbnail Ini Hitung-Hitungan Kans Timnas Indonesia Lolos 16 Besar Piala Asia Setelah Bungkam Vietnam Watermark Ketik
Asnawi Mangkualam saat berjibaku dengan pemain Vietnam di laga kedua Piala Asia 2023 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar (19/1/2024) (Foto: pssi.org)

KETIK, JAKARTA – Timnas Indonesia sukses mengalahkan Vietnam sekaligus mengirim pulang tim asuhan Philippe Troussier ke negaranya dari Qatar. Itu dipastikan lewat kemenangan 1-0 Indonesia dalam laga kedua Grup D Piala Asia 2023, Jumat malam (19/1/2024).

Di laga kontra Vietnam itu, satu-satunya gol Indonesia dicetak sang kapten Asnawi Mangkualam melalui titik putih pada menit ke-42. Timnas Indonesia mendapatkan penalti setelah Rafael Struick dijatuhkan di kotak penalti Vietnam.

Raihan tiga poin atas Vietnam sudah cukup untuk membuat Timnas Indonesia punya peluang lebih besar melangkah ke 16 Besar Piala Asia 2023. Di laga terakhr fase grup pada Rabu (24/1/2024) Indonesia akan melawan Jepang. Lantas seperti apa hitung-hitungan poin agar Timnas Indonesia bisa melaju ke 16 besar Piala Asia 2023?

Lolos sebagai Runner Up Grup D Jika Kalahkan Jepang

Timnas Indonesia melangkah ke 16 Besar Piala Asia 2023 sebagai runner-up Grup D jika mampu mengalahkan Jepang pada laga terakhir fase grup Tim Garuda pada Rabu (24/1/2024).

Secara kualitas, Timnas Indonesia di atas kertas memang masih di bawah Jepang. Namun, jika pelatih Indonesia Shin Tae-yong mampu membuat anak asuhnya bermain disiplin seperti yang diperlihatkan dalam laga kontra Vietnam, peluang itu masih ada.

Jika menang atas Jepang, Timnas Indonesia tetap akan berada di bawah Irak yang sudah memiliki 6 poin hasil menang dari Indonesia dan Jepang.

Berharap Masuk 4 Besar Peringkat Ketiga Terbaik

Lalu bagaimana jika Timnas Indonesia kalah atau imbang dari Jepang? Jika gagal menang atas Jepang, Tim Garuda tetap ada di peringkat ketiga Grup D Piala Asia 2023.

Jika menahan imbang Jepang, selisih poin di antara kedua tim yang akan dihitung. Saat ini, Jepang punya selisih +1, sementara Timnas Indonesia -1.

Seandainya Timnas Indonesia kalah dari Jepang, Indonesia tetap ada di peringkat ketiga Grup D karena unggul head to head atas Vietnam.

Jika kondisi ini terjadi, Timnas Indonesia berharap lolos ke 16 Besar Piala Asia 2023 sebagai empat tim peringkat ketiga terbaik dari enam grup.

Timnas Indonesia di Grup D menjadi satu-satunya tim peringkat ketiga dengan raihan 3 poin. Sementara di Grup A hingga C, ada Tajikistan, Suriah, dan Palestina yang baru punya satu poin dari dua laga.

Peluang Tim Garuda semakin besar jika mampu menahan imbang Jepang. Andai kalah dan hanya punya 3 poin, Timnas Indonesia tetap bisa lolos meski harus melihat hasil dari posisi ketiga dari tim di lima grup lain.(*)

Tombol Google News

Tags:

Timnas Indonesia Piala Asia Jepang vietnam qatar shin tae-yong