Hujan Deras Landa Jalan Nasional di Cianjur, Kendaraan Menuju Puncak Bogor Tersendat

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: Muhammad Faizin

31 Desember 2023 11:46 31 Des 2023 11:46

Thumbnail Hujan Deras Landa Jalan Nasional di Cianjur, Kendaraan Menuju Puncak Bogor Tersendat Watermark Ketik
Banjir di jalan nasional Cianjur menuju Bogor, tepatnya di Kampung Panyaweuyan, Desa Ciherang, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur (Foto: dari warga untuk ketik.co.id)

KETIK, CIANJUR – Malam Tahun Baru, hujan deras melanda jalan nasional dari arah Kabupaten Cianjur menuju Puncak, Kabupaten Bogor, pada hari Minggu (31/12/2023) siang hingga sore.

Adapun lokasi hujan hingga menyebabkan banjir tersebut tepat berada di Kampung Panyaweuyan, Desa Ciherang, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Salah satu warga bernama Uus yang berada di lokasi kejadian mengatakan, bahwa kendaraan seperti motor, truk, mobil, dan bus kesulitan untuk lewati, ditambah lagi dengan jalanan yang menanjak.

"Karena curah hujan tinggi dari siang sampai sore hari sehingga air dari selokan naik ke jalan beberapa centi meter, bahkan beberapa kendaraan harus didorong," kata Uus menuturkan pada media online nasional Ketik.co.id.

Hingga berita ini diturunkan, aparat terkait dibantu warga masyarakat mengatur lalu lintas dan berhasil mengurai kemacetan.

Di lokasi berbeda, tepatnya di sekitaran Terminal Rawabango, Desa Bojong, Kecamatan Karangtengah, akibat hujan deras jalanan juga mengalami genangan.

Petugas LLAJ, Budiman menuturkan, dengan hujan deras yang melanda imbas dari jalanan tersendat dan menyebabkan kemacetan.

"Namun alhamdulillah tidak berselang lama, karena banjir perlahan surut sehingga lalu lintas kembali normal," tuturnya menjelaskan dengan detail dan lugas.

Melansir dari informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), masyarakat diminta agar lebih waspada akan potensi cuaca ekstrem selama periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru). 

Kepala BMKG, Dwikorita menjelaskan cuaca ekstrem tersebut disebabkan oleh dinamika atmosfer. "Harap lebih berhati-hati," tandasnya. (*) 

Tombol Google News

Tags:

Hujan banjir Tahun baru Puncak Cianjur Bogor macet