Holding BUMN Pariwisata Mengeluh Sirkuit Mandalika Rugi Ratusan Miliar, Ingin Hapus WSBK

Jurnalis: M. Rifat
Editor: Marno

17 Juni 2023 12:58 17 Jun 2023 12:58

Thumbnail Holding BUMN Pariwisata Mengeluh Sirkuit Mandalika Rugi Ratusan Miliar, Ingin Hapus WSBK Watermark Ketik
Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, NTB. (Foto: Kemenparekraf.go.id)

KETIK, JAKARTA – Holding BUMN pariwisata InJourney berencana menghapus penyelenggaraan World Superbike (WSBK) dari Sirkuit Mandalika karena menyebabkan kerugian hingga Rp100 miliar.

Direktur Utama InJourney Dony Oskaria mengatakan kerugian terbesar Sirkuit Mandalika berasal dari event WSBK. Mereka menyebut ajang ini tidak menarik bagi investor untuk menjadi sponsor.

"WSBK ini menunjukkan kerugian, sehingga apa yang kami lakukan adalah kami akan bernegosiasi untuk menghilangkan WSBK," ujarnya dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI, Rabu (14/6/2023).

Meniadakan WSBK ia sebut akan membuat beban InJourney berkurang banyak sehingga kerugian yang ditimbulkan tidak makin besar tiap tahun.

"Nanti WSBK ini akan kita hilangkan, sehingga tidak muncul biaya di dalam penyelenggaraan WSBK yang itu sebetulnya event-nya tidak menarik secara sponsorship," jelasnya.

Selain event WSBK, kerugian perusahaan juga disumbang dari penyelenggaraan MotoGP. Penyebabnya, karena pemasukan dari iklan dan sebagainya lebih kecil dibandingkan biaya operasional.

Dari perhitungan InJourney, kerugian akibat penyelenggaraan MotoGP mencapai Rp50 miliar.

Terpisah, Menteri BUMN Erick Thohir menyebut MotoGP masih akan tetap dipertahankan.
"Karena itu positif untuk branding sebuah negara," ucapnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Sirkuit Mandalika InJourney BUMN DPR Erick Thohir