Hingga Pertengahan 2023, BPR Kerta Raharja Kab Bandung Salurkan Rp30 Miliar Dana Bergulir Tanpa Agunan Tanpa Bunga

Editor: Akhmad Sugriwa

17 Juni 2023 14:49 17 Jun 2023 14:49

Thumbnail Hingga Pertengahan 2023, BPR Kerta Raharja Kab Bandung Salurkan Rp30 Miliar Dana Bergulir Tanpa Agunan Tanpa Bunga Watermark Ketik
Dirut BPR Kerta Raharja Kabupaten Bandung, Aep Hendar Cahyad. (Foto: Iwa/Ketik.co.id)

KETIK, BANDUNG – PT. BPR Kerta Raharja (Perseroda) Kabupaten Bandung hingga pertengahan 2023 ini telah menyalurkan kredit pinjaman dana bergulir tanpa agunan tanpa bunga tahap kedua hingga sebesar Rp30 miliar. 

Direktur Utama BPR Kerta Raharja Kabupaten Bandung, Aep Hendar Cahyad mengungkapkan, meski anggaran tambahan sebesar Rp30 miliar untuk tahun 2023 ini belum cair dari APBD Kabupaten Bandung, namun pihaknya telah menggulirkan dana pinjaman tahun 2022 yang sudah dikembalikan dari para nasabah.

"Karena dana bergulir tahun 2022 itu sudah pada lancar angsurannya, jadi kita menggulirkan kembali dana pengembalian tersebut untuk realisasi dana bergulir tahun 2023 ini hingga sebesar Rp30 miliar untuk sekitar 30 ribuan debitur warga Kabupaten Bandung," ungkap Aep kepada wartawan, di Pondok Pesantren Bustanul Wildan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, Sabtu (17/6/2023).

Aep menandaskan pihaknya terus men-support progran dana bergulir tanpa agunan tanpa bunga Bupati Bandung ini, dengan tetap berpegang teguh dengan prinsip-prinsip perbankan dalam menyalulrkan kredit.

"Noan Performance Loan (NPL) dari program dana bergulir tanpa agunan tanpa bunga ini masih di bawah 2%, dari standar perbankan 5%. Jadi penyaluran kredit dari program ini dinilai sehat," jelas Aep.

Foto Bupati Bandung Dadang Supriatna saat penyaluran dana bergulir tanpa agunan tanpa bunga BPR Kerta Raharja, di , di Ponpes Bustanul Wildan, Kec Cileunyi, Sabtu (17/6/23). (Foto: Iwa/Ketik.co,id)Bupati Bandung Dadang Supriatna saat penyaluran dana bergulir tanpa agunan tanpa bunga BPR Kerta Raharja, di , di Ponpes Bustanul Wildan, Kec Cileunyi, Sabtu (17/6/23). (Foto: Iwa/Ketik.co,id)

Pada tahun 2022 lalu, BPR Kerta Raharja telah menyalurkan dana bergulir tahap pertama yang merupakan program Bupati Bandung Dadang Supriatna itu hingga mencapai 100% atau sebesar Rp20 miliar, dengan NPL hanya  0,28%.

Kini BPR Kerta Raharja merangkul kalangan pondok pesantren untuk menyalurkan kredit kepada para santri. Penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara BPR Kerta Raharja dengan Pengurus Cabang Rabithah Ma'ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (PC RMI NU) Kabupaten Bandung dilakukan  di Ponpes Bustanul Wildan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, Sabtu (17/6/2023). 

"Alhamdulillah, hari ini kami memulai kerjasama dengan PC RMI NU, yang intinya BPR Kerta Raharja ingin menyalurkan dana bergulir pinjaman tanpa bunga dengan tanpa jaminan yang merupakan salah satu program prioritas dari Bapak Bupati Bandung kepada kalangan santri di pondok pesantren," ucap Aep.

Pada kesempatan itu disosialisasikan pula Kartu Wira Usaha Bedas yang diberikan kepada para debitur BPR Kerta Raharja yang mengakses dana bergulir tanpa agunan tanpa bunga.(*)

Tombol Google News

Tags:

bpr bpr kerta raharja KABUPATEN BANDUNG