Hari Jadi Cianjur, Bupati Berikan Apresiasi Jajaran dengan Penghargaan

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: Muhammad Faizin

15 Juli 2023 03:02 15 Jul 2023 03:02

Thumbnail Hari Jadi Cianjur, Bupati Berikan Apresiasi Jajaran dengan Penghargaan Watermark Ketik
Bupati Cianjur, H. Herman Suherman. (Humas Pemkab Cianjur).

KETIK, CIANJUR – Ada yang menarik dalam upacara peringatan Hari Jadi Cianjur (HJC) yang ke-346. Bahasa sunda digunakan dalam upacara momen yang diperingati setiap tanggal 12 Juli itu.

Bupati Cianjur, H. Herman Suhernan menjadi pembina upacara Hari Jadi Cianjur ke-346 yang bertepatan dengan Hari Jadi Koperasi ke-76 di Eks Lapang Parkir Pemda Cianjur.

Penggunaan bahasa Sunda dalam kegiatan yang dihadiri oleh Forkopimda, pimpinan OPD, camat dan lurah se-Kabupaten Cianjur itu bertujuan untuk melestarikan bahasa Sunda sebagai bahasa ibu masyarakat Cianjur.

"Nangtungna Cianjur sanes ngan ukur dina reka catur wungkul, namung ngadeg ku tekad, ucap jeung lampah nu salawasna luyu sareng Alquran diwuwuh Hadits. Cianjur kiwari tos mibanda sajarah anu panjang bari reumbeuy ku amis peuheurna lalakon kahirupan," ujar bupati Herman.

(Berdirinya Cianjur bukan hanya sekedar ada, tetapi berdiri dengan tekad, ucapan dan perbuatan yang sejalan dengan Al-Quran dan Hadits. Cianjur saat ini memiliki sejarah yang panjang dengan pahit manisnya kehidupan).

"Kukituna kedah janten pangemut kalawan daria naon nu parantos dipaparinkeun ku urang salami ieu, disagedengeun ngemutan lengkah kapayunna malar Kabupaten Cianjur tiasa langkung raharja," sambung Herman.

(Oleh karena itu, harus menjadi ingatan yang sudah diberikan oleh kita selama ini, dijalankan dengan langkah ke depannya agar Kabupaten Cianjur bisa lebih sejahtera).

Upacara Hari Jadi Cianjur juga diisi dengan berbagai kegiatan. Mulai dari menanam ikan di sungai, ziarah bupati terdahulu, doa bersama, santunan bagi para korban terdampak gempa, lomba-lomba, dan lain sebagainya.

Selain itu, bupati Herman juga menyerahkan penghargaan untuk jajarannya, sebagai bentuk apresiasi guna memotivasi peningkatan kinerja. 

"Pada upacara ini saya menyerahkan beberapa trophy dan penghargaan untuk bawahannya agar menjadi motivasi dalam peningkatan kinerja," papar Herman.

Adapun daftar trophy dan penghargaan tersebut yakni:

1. Top BUMD Awards 2023 kepada PT. BPR Cianjur-Jabar. 

2. Pengelola Arsip terbaik kepada :
- Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Perkebunan dan Ketahanan Pangan 
- Dinas Sosial
- Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu
- Dinas Peternakan Kesehatan Hewan dan Perikanan
- Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

3. Juara Lomba Desa dan Kelurahan tingkat Kabupaten Cianjur 2023, 
Kategori Desa: 
- Juara I Desa Cimacan
- Juara II Desa Sindangresmi
- Juara III Desa Sukabungah. 

Kategori Kelurahan: 
- Juara I Kelurahan Sayang
- Juara II Kelurahan Muka
- Juara III Kelurahan Bojongherang. (*)

Tombol Google News

Tags:

penghargaan Hari Jadi Cianjur Herman Suherman Bahasa Sunda Forkompinda BUMD