Firli Bahuri Akhirnya Akui Bertemu SYL, Tapi Tetap Bantah Tuduhan Pemerasan

Jurnalis: Muhammad Faizin
Editor: Mustopa

9 Oktober 2023 05:11 9 Okt 2023 05:11

Thumbnail Firli Bahuri Akhirnya Akui Bertemu SYL, Tapi Tetap Bantah Tuduhan Pemerasan Watermark Ketik
Foto pertemuan Ketua KPK Firli Bahuri dan Menteri Pertanian saat itu, Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang beredar di tengah penyelidikan pemerasan pimpinan KPK. (Istimewa)

KETIK, JAKARTA – Ketua KPK Firli Bahuri akhirnya mengakui foto dirinya bersama mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) di sebuah lapangan bulutangkis. Namun ia tetap bersikeras membantah melakukan pemerasan dalam penanganan perkara di Kementerian Pertanian (Kementan).

Pengakuan Firli Bahuri ini secara tidak langsung meralat pernyataannya sendiri sebelumnya. Purnawirawan polisi bintang tiga ini sebelumnya mengaku tidak pernah bertemu dengan SYL kecuali dalam acara rapat kabinet di Istana. 

Pernyataan Firli yang pertama itu muncul selang sehari setelah muncul kabar bahwa Polda Metro Jaya sedang menyelidiki laporan dugaan pemerasan yang dilakukan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam penanganan perkara di Kementan. Selang sehari kemudian, yakni pada Jumat (06/10/2023) beredar foto Firli Bahuri sedang berbincang dengan sosok yang mirip Mentan SYL. Latar belakang foto itu menunjukkan di lapangan bulutangkis.

"Pertemuan di lapangan bulutangkis antara saya dengan Menteri Pertanian saat itu, saudara Syahrul Yasin Limpo, terjadi sebelum periode tersebut, tepatnya yaitu sekitar pada tanggal 2 Maret 2022. Dan itu pun beramai-ramai ditempat terbuka," kata Firli lewat keterangannya yang diterima Suara.com, jejaring Ketik.co.id pada Senin (9/10/2023).

Firli mengklaim, saat itu pertemuannya dengan Syahrul terjadi sebelum komisi anti rasuah memulai penyelidikan di Kementan. Syahrul disebutnya datang sendiri. Firli pun membantah melakukan pemerasan kepada Syahrul.

"Kejadian tersebut pun, bukan atas inisiasi atau undangan saya. Hal ini sebagaimana kami jelaskan sebelumnya pada 5 Oktober 2023 lalu, bahwa tuduhan-tuduhan tersebut tidaklah benar," ujar mantan Kapolda Sumatera Selatan ini.

Firli bahkan mengungkit, tuduhan pemerasan pimpinan KPK dalam penanganan perkara di Kementan ini sebagai serangan balik koruptor. 

"Begitu banyak perkara korupsi yang sedang diselesaikan KPK. Sangat mungkin saat ini para koruptor bersatu melakukan serangan, apa yang kita kenal dengan istilah when the corruptor strike back, namun kami pasti akan ungkap semua," tegasnya.

Di sisi lain, Polda Metro Jaya telah menaikkan penanganan laporan dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK dalam penanganan perkara di Kementan. Yakni dari penyelidikan ke penyidikan. (*)

Tombol Google News

Tags:

KPK Firli Bahuri SYL syahrul yasin limpo Pemerasan pimpinan KPK Penanganan perkara di Kementan Komisi Pemberantasan Korupsi