Festival Ronthek 2023 di Pacitan: Jadwal, Rute dan Lokasi Parkir

Jurnalis: Al Ahmadi
Editor: Mustopa

17 November 2023 05:15 17 Nov 2023 05:15

Thumbnail Festival Ronthek 2023 di Pacitan: Jadwal, Rute dan Lokasi Parkir Watermark Ketik
Festival Ronthek Pacitan tahun lalu. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)

KETIK, PACITAN – Pemerintah Kabupaten Pacitan melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga (Disbudparpora) menggelar Festival Ronthek 2023. Acara ini merupakan parade seni budaya yang ditampilkan di sepanjang Jalan Pusat Kota.

Sejumlah ruas jalan di Pacitan akan ditutup selama acara berlangsung. Berikut informasi selengkapnya soal Festival Ronthek 2023!

Jadwal Festival Ronthek 2023

Dilansir laman Instagram resmi Disbudparpora Pacitan, Festival Ronthek 2023 mengusung tema "The Most Booming Nusantara Heritage Culture". Acara ini akan diselenggarakan pada:

  • Hari, tanggal: Sabtu-Minggu,18-19 November 2023
  • Waktu: Pukul 19.00 WIB sampai Selesai 
  • Lokasi: Pusat Kota

Rute Festival Ronthek 2023

Rombongan arak-arakan Ronthek memulai perjalanannya dari Depan Pendopo Pacitan, menuju Timur Alun-alun, kemudian berbelok ke Jalan Ahmad Yani. Selanjutnya, mereka berhenti untuk tampil di Pos 1 yang berada di Depan Gedung DPRD.

Setelah itu, mereka melanjutkan perjalanan ke Perempatan Penceng, dan berhenti kembali untuk tampil di Pos 2 yang berada di Depan Artomoro Cell.

Foto Peta denah acara. (Foto: Disbudparpora for Ketik)Peta denah acara. (Foto: Disbudparpora for Ketik)

Lokasi Parkir Festival Ronthek 2023

Pihak Panitia atau Disbudparpora juga telah menyediakan kantong prakir bagi pengunjung Festival Ronthek 2023. Berikut titik-titik parkir yang tersedia.

Wilayah Barat Pos Satu

  • Sepanjang Jalan Depan Gerbang Masjid Agung
  • Jalan Ahmad Yani (Selatan Alun-alun sampai Depan Gasibu
  • Timur Gasibu arah selatan hingga Area Sekitar Kantor Pos
  • Sela-Sela Jalan Lingkungan RSUD Pacitan
  • Timur Kantor Bupati arah Utara hingga pertigaan
  • Sepanjang Jalan depan Toko Alat Tulis John Agency 2
  • Gang Timur Gedung DPRD dan area sekitarnya

Wilayah Timur Pos Dua

  • Utara dan Selatan Perempatan Penceng
  • Gang area Toserba Enggal dua dan wilayah sekitarnya.

Disamping itu, Kepala Disbudparpora Pacitan, Turmudzi, mengatakan bahwa festival ini bertujuan untuk mendorong perekonomian dan pariwisata di Pacitan.

"Event tahunan ini bertujuan untuk memberikan dampak ekonomi untuk para pedagang kaki lima di Kabupaten Pacitan, meningkatkan kunjungan pariwisata, dan meningkatkan perekonomian menuju masyarakat yang bahagia dan sejahtera," katanya dalam acara jumpa pers, Rabu (15/11/2023).

Festival Ronthek Pacitan 2023 akan menampilkan berbagai macam kesenian dan budaya tradisional, seperti Ronthek, Reog Ponorogo, Jaranan, dan Wayang Kulit. Selain itu, akan ada bazar kuliner tradisional yang melibatkan 50 pelaku UMKM di Kabupaten Pacitan.

Turmudzi berharap, Festival Ronthek Pacitan 2023 dapat menarik wisatawan dari berbagai daerah, baik dari dalam maupun luar negeri. "Kami menargetkan sekitar 25.000 orang penonton," pungkas Turmudzi. (*)

Tombol Google News

Tags:

pacitan Festival Ronthek Pacitan 2023