Esemka Usung Mobil Listrik di IIMS 2023, Mirip Mobil China

Jurnalis: Nata Yulian
Editor: M. Rifat

8 Februari 2023 03:01 8 Feb 2023 03:01

Thumbnail Esemka Usung Mobil Listrik di IIMS 2023, Mirip Mobil China Watermark Ketik
Mobil Esemka Neta V. (Foto: Istimewa)

KETIK, SURABAYA Merek mobil nasional, Esemka, dirumorkan bakal mengenalkan mobil listrik. Foto-foto mobil listrik yang diduga punya Esemka sudah menyebar di media sosial.

Salah satu foto model yang tersebar ialah Esemka Neta V. Mobil tersebut punya kemiripan dengan mobil listrik milik Hozon Auto, pabrikan mobil asal China.

Saat dikonfirmasi, Humas PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) Sabar Budhi tidak menampik. Tapi dia juga belum membenarkan lebih lanjut soal kabar mobil listrik Esemka itu.

Kemunculan foto Esemka Neta V seiring dengan akan hadirnya Esemka di pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 pada 16-26 Februari mendatang.

Hal baru lainnya dari Esemka dalam akun instagram @iims_id adalah Esemka memakai logo baru dengan bentuk seperti huruf 'M'. Uniknya, logo tersebut juga mirip dengan logo Hozon Auto. Bedanya logo Hozon Auto tidak terdapat dua garis vertikal yang berada di sisi kiri dan kanan.

Foto Logo ESEMKA yang baru dan logo Hozon Auto. (Foto: Istimewa)Logo ESEMKA yang baru dan logo Hozon Auto. (Foto: Istimewa)

Seperti diketahui Hozon Auto sudah masuk pasar Asia Tenggara dari Thailand. Laporan Reuters menyebut perusahaan energi terbesar Thailand, PTT, telah menandatangani perjanjian dengan produsen kendaraan listrik (EV) itu.

Neta V akan diimpor CBU dari China selama dua tahun pertama. Itu sebelum diproduksi lokal atau Completely Knocked Down (CKD) di Thailand oleh Arun Plus, anak perusahaan PTT.

Di Thailand Neta V ditawarkan dengan harga terjangkau. Setara dengan mobil Low MPV di Indonesia.

Neta V dibanderol dengan harga 549.000 baht atau sekitar Rp 247 juta (kurs 1 baht = Rp 450). Harga tersebut setara dengan Toyota Avanza 1.3 E CVT.

Mobil listrik itu dibekali baterai lithium-ion 38,5 kWh yang menggerakkan e-motor bertenaga 95 hp dan 150 Nm. Neta V merupakan mobil dengan penggerak roda depan. Sedangkan jarak tempuh baterainya diklaim mencapai 384 km, berdasarkan hitungan NEDC.(*)

Tombol Google News

Tags:

Mobil listrik Esemka Neta V iims 2023