Eri Cahyadi: Fokus APBD Surabaya 2025 pada Kesehatan dan UMKM

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

16 Agustus 2024 04:33 16 Agt 2024 04:33

Thumbnail Eri Cahyadi: Fokus APBD Surabaya 2025 pada Kesehatan dan UMKM Watermark Ketik
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat menyampaikan pandangannya terkait APBD Surabaya tahun 2025. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – DPRD Surabaya dan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya telah sepakat menetapkan APBD Surabaya murni tahun 2025 sebesar Rp12,3 triliun. Angka ini meningkat jika dibandingkan dengan APBD Surabaya tahun 2024 yang sebesar Rp11,5 triliun.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan, setelah ditetapkan, pihaknya akan fokus ke banyak sektor. Salah satu yang menjadi perhatian adalah peningkatan UMKM dan akses kesehatan serta pengurangan kemiskinan.

"Fokus kita masih sama ya bagaimana mengurangi kemiskinan di Surabaya dengan memberikan beragam program bantuan," jelas Eri kepada Ketik.co.id, Jumat (16/8/2024).

"Kita juga fokus ke pelayanan kesehatan, pendidikan dan UMKM untuk mendongkrak perekonomian," imbuhnya.

Terkait sektor kesehatan pihaknya akan fokus membangun beberapa fasilitas kesehatan baru agar tidak terjadi penumpukan pasien di Rumah Sakit Soewandhie yang sudah terlalu sesak. Oleh sebab itu pemkot berencana membangun rumah sakit baru di Surabaya timur, selatan, dan utara.

"Terkait kesehatan ini juga akan kita fokuskan agar tidak terjadi penumpukkan di RS Soewandhi. Jadi bagaimana warga Surabaya ketika dia posisinya sakit bisa merasakan enak, enggak uyel-uyelan (berdesakan)," paparnya.

Mantan Kepala Bappeko Surabaya tersebut juga akan fokus menyelesaikan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) untuk tahun 2026. Karena masih banyak proyek yang harus diselesaikan dalam upaya peningkatan infrastruktur di Surabaya.

"Kita akan menyelesaikan RPJMD di tahun 2026 karena ada beberapa pekerjaan yang selesai di tahun 2026. Contohnya pekerjaan diversi Gunung Sari yang mulai Banyu urip sampai ketemu Gresik, terus jalan Wiyung," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

APBD Surabaya 2025 Peningkatan UMKM Surabaya Fasilitas Kesehatan Baru Surabaya Pembangunan Infrastruktur Surabaya 2025 Wali Kota Eri Cahyadi Pengurangan Kemiskinan Surabaya Anggaran APBD Surabaya 2025 Program Bantuan Kemiskinan Surabaya Rumah Sakit Baru Surabaya RPJMD Surabaya 2026