Era Paperless, Ketua Fraksi PKB DPR RI Apresiasi Kehadiran SMP Habibi Bina Cendikia 

Editor: Akhmad Sugriwa

3 Maret 2023 14:09 3 Mar 2023 14:09

Thumbnail Era Paperless, Ketua Fraksi PKB DPR RI Apresiasi Kehadiran SMP Habibi Bina Cendikia  Watermark Ketik
Wakil Ketua Badan Anggaran DPR RI Cucun Ahmad Syamsurijal saat jadi narasumber talkshow anggaran pendidikan di SMP HBC Kab Bandung. (Foto: Iwa/Ketik.co.id)

KETIK, BANDUNG Ketua Fraksi PKB DPR RI Cucun Ahmad Syamsurijal mengapresiasi kehadiran SMP Habibi Bina Cendikia (HBC), di Kecamatan Solokanjeruk Kabupaten Bandung, Jumat (3/3/2023).

Menurut Cucun, SMP HBC menawarkan solusi bagi generasi mendatang bagaimana menghadapi tantangan zaman yang cukup besar di era teknologi informasi canggih saat ini

“Nah, SMP HBC ini menjadi sekolah yang berbasis ICT. Mereka menyelenggarakan kegiatan pendidikannya dengan sistem paperless, tanpa sedikitpun menggunakan kertas. Jadi, kami sangat mengapresiasi kehadiran SMP HBC ini” kata Cucun kepada wartawan usai Grand Opening SMP HBC.

Model pembelajaran seperti ini menurutnya merupakan salah satu implementasi dari Kurikulum Merdeka. Pada malam hari, guru mengirim tugas melalui email kepada muridnya, di mana keesokan harinya murid mencari solusi dengan mendiskusikannya, tanpa keluar dari kurikulum materinya.

Sekolah ini juga menerapkan sistem boarding school di mana tidak hanya belajar pendidikan umum, tapi juga diimbangi dengan pendidikan agama. 

Anggota Komisi III DPR RI ini berharap SMP HBC bisa mencetak generasi yang menguasai tentang ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Diharapkan SMP HBC ini bisa menjadi pilot project di Indonesia atau Jawa Barat, khususnya di Kabupaten Bandung,” ucap Wakil Ketua Badan Anggaran DPR RI ini.

Foto Ketua Yayasan Habibi Bina Cendikia (YBHC), Humaira Zahrotun NoorKetua Yayasan Habibi Bina Cendikia (YBHC), Humaira Zahrotun Noor. (Foto:Iwa/Ketik.co.id)

Ketua Yayasan Habibi Bina Cendikia (YBHC), Humaira Zahrotun Noor menerangkan, YBHC merupakan organisasi yang bergerak dalam bidang sosial pendidikan dan keagamaan, untuk memberikan nilai dan manfaat kepada masyarakat.

“Dari dasar itu yayasan berkomitmen dalam program-program pembentukan lembaga pendidikan yang diharapkan melahirkan generasi muda Islam yang lebih cerah,” jelas Humairah.

Selain itu juga di YBHC diharapkan menjadi sarana pengembangan kemampuan bersosialisasi untuk menumbuhkan karakter terpuji yang dilandasi pada ajaran agama Islam, seperti memiliki rasa percaya diri, mandiri, saling menghargai mempunyai jiwa sosial dan juga ahli dalam teknologi informasi.

“Di bawah Yayasan Habibie, SMP HBC diharapkan melahirkan generasi-generasi yang mampu menghadapi tantangan zaman pada saat ini dan di masa depan,“  tandas Humairah.(*)
 

Tombol Google News

Tags:

FRAKSI PKB DPR RI KETUA FRAKSI PKB DPR RI CUCUN AHMAD SYAMSURIJAL Pendidikan