Dinkes Kota Malang Siapkan Pelaksanaan Sub PIN Polio Putaran Kedua

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Mustopa

26 Januari 2024 05:37 26 Jan 2024 05:37

Thumbnail Dinkes Kota Malang Siapkan Pelaksanaan Sub PIN Polio Putaran Kedua Watermark Ketik
Pelaksanaan Sub PIN Polio kepada siswa sekolah dasar. (Foto: instagram @Sdnmerjosaritigamalang)

KETIK, MALANG – Pelaksanaan Sub Pekan Imunisasi Nasional (Sub PIN) Polio di Kota Malang telah melampaui target. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang pun kembal menyiapkan Sub PIN Polio putaran kedua.

Hal tersebut dijelaskan oleh Kepala Dinkes Kota Malang, Husnul Muarif. Ia menjelaskan Sub PIN Polio putaran kedua akan dilaksanakan pada 19-24 Februari 2024.

"Untuk putaran kedua nanti pada 19 Februari 2024. Vaksin putaran kedua akan di droping oleh Kementerian Kesehatan melalui Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur," ujar Husnul, Jumat (26/1/2024).

Vaksinasi putaran kedua ini ditujukan kepada anak-anak yang telah melaksanakan putaran pertama. Anak-anak tersebut kembali mendapatkan dua tetes vaksin polio.

Husnul menjelaskan vaksin tersebut berfungsi untuk menguatkan dan memberikan kekebalan anti bodi terhadap virus polio serotipe 2 pada tubuh anak.

"Putaran kedua nanti yang sudah di vaksin putaran pertama ikut lagi, jadi dua kali vaksin. Prosesnya sama, dua tetes putaran satu dan dua tetes putaran kedua. Itu untuk menguatkan, memberikan kekebalan anti body terhadap virus polio yang serotipe 2. Nah yang sudah dilaksanakan rutin itu serotipe 1 dan 3," pungkasnya.

Menurut Husnul tidak ada keluhan maupun efek samping yang dirasakan oleh anak usai melakukan vaksinasi. Saat ini capaian pelaksanaan Sub PIN Polio di Kota Malang telah mencapai 103,01 persen.

"Targetnya sudah terlampaui, kan targetnya 93.000 minimal harusnya 95 persen, kita putaran 1 sampai dengan kemarin Selasa (23/01/2024) itu sampai dengan 103,01 persen. Kita harapkan di putaran kedua juga sama," ucapnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Sub PIN Polio Vaksinasi Polio Sub PIN Polio putaran kedua Kota Malang Dinkes Kota Malang