Digempur Tren Kekinian, Begini Tips Jadi Pemuda Anti Mainstream

Jurnalis: Al Ahmadi
Editor: Naufal Ardiansyah

28 Oktober 2023 10:38 28 Okt 2023 10:38

Thumbnail Digempur Tren Kekinian, Begini Tips Jadi Pemuda Anti Mainstream Watermark Ketik
Ilustrasi Gen Z. (Foto: Freepik)

KETIK, PACITAN – Di tengah gempuran tren zaman kekinian, terkadang generasi muda merasa tertekan untuk mengikuti apa saja yang sedang populer.

Melalui media sosial, generasi muda mendapat akses ke berbagai informasi, tren, dan hiburan. Namun gaya-gayaan di era saat ini terkadang memiliki sisi negatif dan tak memberikan nilai manfaat.

Sebab tak ingin berbeda, hal itu dapat menggiring kondisi generasi muda jadi merasa tidak percaya diri dan takut untuk jadi diri sendiri.

Nah, jika kamu ingin menjadi pribadi yang anti mainstream pun bermanfaat, berikut beberapa tips yang dapat dilakukan, diantaranya sebagai berikut:

1. Temukan jati diri

Hal terpenting untuk menjadi pemuda anti mainstream adalah menemukan jati diri kamu. Apa yang kamu sukai? Apa yang kamu percayai? Apa yang membuat kamu unik?

Setelah menemukan jati diri, kamu akan lebih percaya diri untuk tampil meskipun beda. Kamu tidak akan takut untuk menjadi diri sendiri, meskipun itu tidak sama dengan orang lain.

2. Jangan takut untuk tampil beda

Jangan takut untuk tampil beda dari orang lain. Jika kamu memiliki pendapat atau keyakinan yang berbeda, pertahankanlah.

Tidak usah membiarkan orang lain memaksa dirimu untuk mengikuti tren yang tidak kamu sukai. Tampillah beda sebagai bentuk ekspresi diri, dan sebagainya intepretasi dari dirimu sendiri.

3. Fokuslah pada hal-hal penting

Jangan terlalu terobsesi dengan tren kekinian. Fokuslah pada hal-hal yang penting bagi kamu, seperti pendidikan, karier, dan hubungan dengan orang lain (berjejaring). Sebab, jika kamu fokus pada hal-hal yang penting, kamu akan lebih bahagia dan bertumbuh kedewasaan dalam hidup kamu.

4. Jangan lupa untuk bersenang-senang

Menjadi pribadi yang anti mainstream tidak berarti kamu harus menjadi orang yang serius dan membosankan. Tetaplah bersenang-senang dan menikmati hidup.

Kamu dapat tampil beda dengan cara yang menyenangkan dan kreatif. Misalnya, kamu dapat mengikuti tren yang sedang populer, tetapi dengan sentuhan unik kamu sendiri.

5. Bersikaplah kritis

Jangan hanya mengikuti tren tanpa berpikir kritis. Pahamilah apa yang membuat tren tersebut populer dan apakah tren tersebut memiliki sesuatu yang positif dan manfaat, terlebih sesuai dengan nilai-nilai kamu.

6. Kreatif Out of The Box

Jangan takut untuk berpikir di luar kotak, temukan cara-cara baru untuk mengekspresikan diri kamu. Percayalah pada diri sendiri dan pada keunikan kamu (be yourself). Jangan biarkan orang lain menghalangi kamu untuk menjadi diri sendiri.

7. Bersikaplah terbuka

Terbukalah terhadap hal-hal baru dan pengalaman baru. Jangan takut untuk mencoba hal-hal yang berbeda.

Jadilah diri sendiri dan jangan berpura-pura menjadi orang lain. Otentik adalah kunci untuk menjadi pemuda yang sukses dikenal oleh khalayak umum.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, kamu dapat menjadi pribadi anti mainstream yang positif dan bermanfaat. Kamu dapat menggunakan keunikan dirimu untuk membuat perbedaan di dunia.

Adapun beberapa kesuksesan menjadi pribadi anti mainstream dengan cara yang positif dan bermanfaat. Seperti menjadi aktivis sosial, lingkungan, pengusaha, petani maupun seniman.

Pun demikian, kamu dapat memulai dengan menyuarakan itu pada diri sendiri untuk menciptakan suatu hal yang unik dan berbeda. Patut dicatat, menjadi pemuda anti mainstream tidak berarti kamu harus menjadi orang yang aneh atau eksentrik. (*)

Tombol Google News

Tags:

Pemuda Gen Z Anti Mainstream