Digelar di Atas Kapal Perang, Mixed Martial Art (MMA) Sabuk Kasal Cup 2023 Masuk Muri

Jurnalis: Abdul Aziz
Editor: Marno

11 Desember 2023 12:19 11 Des 2023 12:19

Thumbnail Digelar di Atas Kapal Perang, Mixed Martial Art (MMA) Sabuk Kasal Cup 2023 Masuk Muri Watermark Ketik
Suasana pertandingan Kejuaraan MMA Sabuk Kasal Cup Tahun 2023 di atas Kapal Perang. (Tangkapan layar / Ketik.co.id)

KETIK, JAKARTA – Untuk pertama kalinya ajang Mixed Martial Art (MMA) Sabuk Kasal Cup 2023,  digelar di atas Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) TNI AL.

Ajang kejuaraan tersebut diselenggarakan di geladak helli KRI dr. Soeharso (990) dan KRI Semarang (594) yang sandar di Dermaga Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (9/12/2023).

Acara tersebut berlangsung sukses. Hadir secara langsung dalam event tersebut Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr Muhammad Ali, Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya (Laksdya) Erwin S Aldedharma, para Pejabat Teras Mabesal, Pejabat TNI-Polri juga Forkopimda DKI Jakarta.

Sejumlah fighter dari berbagai kelas kategori, bertarung dan bersaing menjadi yang terbaik dalam gelaran MMA Sabuk Kasal Cup Tahun 2023 ini.

Kejuaran tersebut juga mendapat apresiasi khusus dari Manager Museum Rekor Dunia (Muri) karena menjadi yang pertama kalinya dalam sejarah kejuaraan MMA digelar di atas Kapal Perang Republik Indonesia (KRI).

Selain itu, Kejuaraan MMA ini dapat menjadi wadah untuk memperkuat tali persaudaraan, jiwa persatuan dan semangat nasionalisme guna mewujudkan prestasi bangsa dibidang olahraga.

Momentum ini harus kita optimalkan sebagai salah satu upaya untuk membangkitkan kembali prestasi olahraga serta mendukung pemulihan ekonomi nasional.

Menurut Kasal Laksamana TNI Dr Muhammad Ali, penyelenggaraan kejuaraan ini merupakan wujud sinergitas antara TNI Angkatan Laut, Pemerintah Daerah DKI Jakarta serta Pembina dan Pengurus MMA.

Hal ini sekaligus sebagai bentuk kepedulian dalam membangun kualitas sumber daya manusia yang unggul serta memajukan industri olahraga guna mendukung pembinaan dan pengembangan prestasi olahraga secara professional dan berkelanjutan.

Hal tersebut sejalan dengan desain besar olahraga nasional yakni “Mewujudkan Indonesia Bugar, Berkarakter Unggul dan Berprestasi Dunia”.
Dalam pertandingan MMA ini, untuk kategori kelas putra meliputi kelas 52 kg, kelas 56 kg putra, kelas 61 kg, kelas 65 kg, kelas 71 kg, dan kelas 77 kg.

Ditekankan oleh Kasal bahwasannya kejuaraan MMA tersebut dapat menjadi wadah untuk memperkuat tali persaudaraan dan semangat nasionalisme guna mewujudkan prestasi bangsa di bidang olahraga. Sehingga harus di optimalkan sebagai salah satu upaya untuk membangkitkan kembali prestasi olahraga serta mendukung pemulihan ekonomi nasional.

Sementara itu Presiden ABS Ferdinand Weimar DJ.CH didampingi Dewan Pakar sekaligus CEO ABS Andri Tjio  sebagai inisiator (penggagas) kegiatan MMA Sabuk Kasal Cup 2023 tersebut menyampaikan. Keberadaan ABS Fight (Anak Bangsa Sejati) untuk mewadahi anak-anak bangsa yang  memiliki ketertarikan terhadap seni bela diri.

Di mana dituntut sportiviitas dan profesional serta memiliki kecerdasan intelektual dan emosional.
Sedangkan bentuk kepedulian ABS Fight terhadap komponen TNI sebagai garda terdepan Negara Kesatuan Republik Indonesia saat ini diwujudkan dengan ide dan gagasan.

Ferdinand menyebutkan event tersebut merupakan sejarah untuk TNI Al. Suatu kehormatan dapat diselenggarakan di atas kapal. Sekaligus mengukir sejarah untuk pertama kali di dunia, pertandingan MMA di atas kapal perang sehinga tercatat di MURI.

Dengan adanya event tersebut, harap Ferdinand, dapat memotivasi anak bangsa. Terutama para anggota TNI untuk selalu berkarya dari segi olahraga raga.

Foto (Tengah) Kasal Laksamana TNI Dr Muhammad Ali, jaket hijau (paling kanan) Presiden ABS Ferdinand Weimar. (Foto: Ferdinand for Ketik.co.id)(Tengah) Kasal Laksamana TNI Dr Muhammad Ali, jaket hijau (paling kanan) Presiden ABS Ferdinand Weimar. (Foto: Ferdinand for Ketik.co.id)

Sedangkan selaku Presiden ABS ia juga berharap kegiatan tersebut akan rutin digelar. Terutama di kalangan TNI dan Polri. Karena TNI dan Polri merupakan lembaga negara yang menjaga dan mengawal Kedaulatan Bangsa dan Negara.

Terpisah ajang kejuaraan MMA Sabuk Kasal Cup 2023 tersebut juga mendapat respon positif dari berbagai pihak. Salahsatunya pengamat tarung bebas  dari  DI Yogyakarta yang bernama Abdul Hakim. Ia menyampaikan ajang tersebut dapat memicu atlet-atlet muda berprestasi terutama anggota TNI dan Polri dalam meningkatkan profesionalisme /sportifitas.

Purnawirawan Marinir TNI AL ini juga mengapresiasi keberadaan ABS (Anak Bangsa Sejati) yang telah menghadirkan kegiatan positif dalam bidang olahraga. Ia juga mengaku yakin hadirnya ABS Fight dapat merajut persaudaraan sesama anak bangsa. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kasal MMA Sabuk Kasal Cup 2023 TNI AL ABS Figt Mixed Martial Art KRI dr. Soeharso (990) KRI Semarang (594) Presiden ABS