Dana Rp50 Miliar untuk Persiapan Kota Malang Jadi Tuan Rumah Porprov 2025

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Mustopa

9 Oktober 2023 07:46 9 Okt 2023 07:46

Thumbnail Dana Rp50 Miliar untuk Persiapan Kota Malang Jadi Tuan Rumah Porprov 2025 Watermark Ketik
GOR Ken Arok sekilas tampak dari depan. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Kota Malang telah mempersiapkan diri untuk menjadi ruan rumah pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur tahun 2025 mendatang. Berbagai persiapan untuk melengkapi sarana prasarana pun telah dipersiapkan hingga sekarang.

Bahkan Pemkot Malang tak segan menggelontorkan dana hingga Rp5 miliar untuk melengkapi kebutuhan itu.

Menurut penjelasan Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat, dana tersebut dianggarkan pada tahun 2024 nanti dan akan diusulkan ke DPRD Kota Malang untuk memenuhi kelengkapan fasilitas pendukung Porprov Jatim 2025.

"Kita sudah anggarkan di tahun 2024 nanti, kita sampaikan pada DPRD Kota Malang. Harus kita anggarkan di tahun 2024 besok, kita usulkan sebesar Rp 50 Miliar untuk kelengkapan dan kebutuhan sarana prasarana pendukung. Porprov Jatim kan 2025, jadi 2024 sudah harus kita siapkan," ujar Wahyu pada Senin (9/10/2023).

Selaras dengan persiapan sarana prasarana, pihaknya berharap dengan menjadi tuan rumah, Kota Malang dapat meningkatkan prestasi di Porprov Jatim 2025. Mengingat saat ini perolehan peringkat Kota Malang turun di posisi ketiga dikalahkan oleh Kota Surabaya dan Kabupaten Sidoarjo.

"Harapannya tetap kita yang terbaik. Apalagi nanti jadi tuan rumah, biasanya peringkatnya lebih baik. Kalau bisa peringkat 1, kenapa tidak," lanjutnya.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang, Baihaqi pernah menyinggung salah satu tujuan renovasi GOR Ken Arok tak lain untuk menyiapkan ajang bergengsi di Jatim itu. Ia juga berharap sinergi dapat terjalin di jajaran Pemerintah Pusat dan Provinsi Jawa Timur.

"Kita sudah menyiapkan dan menginventarisir sarana prasarana olahraga yang harus kita lakukan perbaikan. Nanti di tahun 2025 kita tinggal menyelenggarakan saja. Upaya kita optimalkan, sinergi dengan DPRD Kota Malang, kita maksimalkan di APBD 2024. Mudah-mudahan ada sinergi dengan Pemprov dan Pemerintah Pusat supaya tidak memberatkan APBD Kota Malang," tambah Baihaqi.

Baihaqi juga akan mengevaluasi hasil pertandingan para atlet dalam Porprov Jatim VIII lalu. Berbagai pembinaan dan optimalisasi akan selalu dilakukan untuk merebut kembali posisi Kota Malang sebagai juara.

"Dari cabang olahraga (cabor) perorangan kita maksimalkan supaya nanti kita bisa mengejar yang terbaik di Porprov. Untuk cabor beregu, kita lakukan pembinaan. Tapi ada desain bagaimana kita mengoptimalkan cabor perorangan sehingga bisa mengejar dan berprestasi lebih baik lagi," tambahnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Porprov Jatim Tuang Rumah Porprov Jatim Kota Malang persiapan atlet sarana prasarana Porprov Jatim GOR Ken Arok Disporapar Kota Malang