Daftar Jurusan yang Masuk ke Semua Perusahaan dan Kementerian

Jurnalis: S. Widodo
Editor: Rudi

20 Februari 2023 09:15 20 Feb 2023 09:15

Thumbnail Daftar Jurusan yang Masuk ke Semua Perusahaan dan Kementerian Watermark Ketik
Ilustrasi prospek kerja lulusan hukum, yang masuk dalam jurusan yang bisa bekerja di semua jenis perusahaan dan kementerian (Foto: Pexels)

KETIK, SURABAYA – Memilih jurusan kuliah yang tepat memang itu yang diharuskan dan diharapkan. Salah satu alasan memilih jurusan kuliah adalah bagaimana prospek kerjanya setelah lulus.

Misal, calon mahasiswa berkeinginan membangun karier di perusahaan tertentu atau di bidang lembaga pemerintah seperti kementerian. Maka ia harus memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan target karier tersebut.

Dari banyaknya jurusan kuliah, ada empat jurusan yang bisa berkarier di semua jenis perusahaan dan kementerian. Lantaran ilmu yang dimiliki lulusan jurusan ini pasti dibutuhkan.

Berikut empat jurusan kuliah yang bisa masuk ke semua jenis perusahaan dan kementerian:

1. Jurusan Hukum

Jurusan mempelajari berbagai sistem hukum yang berkaitan dengan kehidupan perorangan maupun lembaga. Mulai dari hukum pidana, perdata, lingkungan dan tata ruang, ekonomi, internasional, administrasi negara, hingga hukum tata negara, dipelajari di jurusan ini.

Semua jenis perusahaan membutuhkan tim hukum untuk mengurusi perizinan hingga cegah risiko hukum. Sementara lembaga pemerintahan seperti kementerian menempatkan tim hukum di posisi yang penting. Posisi lulusan hukum banyak di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

2. Jurusan Teknologi Informasi

Fokus ilmu jurusan teknologi informasi adalah merancang, membuat, mengembangkan software dan programming, serta teknologi jaringan komputer.

Lulusan jurusan ini banyak dibutuhkan semua perusahaan, terutama perusahaan di berbagai sektor industri, tak terkecuali kementerian. Jobdisk-nya seperti mengembangkan aplikasi, website, dan perangkat lunak perusahaan lainnya.

3. Jurusan Akuntansi

Lulusan akuntansi memiliki keahlian dalam mengelola, mencatat, serta melaporkan keuangan.

Sebab posisinya yang sangat krusial berkaitan dengan dana, maka banyak divisi di perusahaan dan kementerian yang membutuhkan keahlian lulusan jurusan ini.

4. Jurusan Komunikasi

Semua jenis perusahaan dan kementerian membutuhkan pegawai yang mahir dalam komunikasi baik secara lisan maupun tulisan dengan pihak lain. Hal ini karena posisi lembaga biasanya membutuhkan delegasi atau setidaknya juru bicara untuk kepentingan publikasi.

Jurusan komunikasi mempelajari semua bidang komunikasi, mulai dari jurnalistik hingga hubungan masyarakat. Perusahaan media biasanya paling banyak membutuhkan lulusan jurusan ini. Sedangkan untuk kementerian biasanya pada Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Kementerian Luar Negeri.

Demikianlah jurusan kuliah yang prospek kerjanya bisa masuk ke semua jenis perusahaan dan kementerian. (*)

Tombol Google News

Tags:

Jurusan HUKUM masuk Perusahaan kementerian