Cyntia Kalyca Prima, Duta Batik Indonesia 2023 Ajak Lestarikan Budaya Bangsa

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: Muhammad Faizin

30 Desember 2023 02:30 30 Des 2023 02:30

Thumbnail Cyntia Kalyca Prima, Duta Batik Indonesia 2023 Ajak Lestarikan Budaya Bangsa Watermark Ketik
Cyntia Kalyca Prima, Duta Batik Indonesia 2023 (Foto: Wandi Ruswannur/ketik.co.id)

KETIK, BANDUNG – Cyntia Kalyca Prima, biasa dipanggil Cyntia, gadis cantik yang tinggal dan besar di Kota Bandung, kini menempuh pendidikan di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) semester 2, adalah peraih selempang Duta Batik Indonesia 2023, mengajak masyarakat melestarikan budaya bangsa.

Ia menyatakan, bahwa Duta Batik Indonesia adalah gelar yang diberikan kepada putra dan putri Indonesia melalui ajang tersebut yang diselenggarakan oleh Glamour Look dan PT Putra Anta Gemilang.

Pemilik akun media sosial Instagram @cyntiakalycap mengatakan, bahwa Duta Batik Indonesia memiliki tugas untuk mempromosikan batik tanah air di tingkat Nasional maupun Internasional.  

"Saya sendiri memiliki 10 program yang sedang dan akan dijalani, salah satunya yang terdekat adalah membuat festival dan pameran Budaya," kata Cyntia kepada media online nasional Ketik.co.id melalui pesan singkat Whatsapp, pada hari Jumat (29/12/2023).

Perempuan yang hobi bernyanyi dan modeling ini menyebut, bahwa Duta Batik Indonesia juga sangat diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk mencintai dan melestarikan batik tanah air.

Cyntia memiliki advokasi yang dinamakan dengan inspiratifkaryabatik, bisa dilihat di akun Instagram @inspiratifkaryabatik yang di mana tahun kemarin sudah menjalani beberapa program seperti IBFS, membatik bersama dan yang lainnya.

"Tentunya sebagai Duta Batik Indonesia gak berhenti hanya sesudah kompetisi, tapi justru memulainya setelah ajang tersebut, dengan advokasi dan 10 program kerja yang saya miliki itu diharapkan terus dilaksanakan," ujar Dia.

Dirinya menyebutkan, bahwa pada tahun 2024 nanti sudah ada 2 program kerja yang akan dilakukan di antaranya, yaitu membuat festival budaya, memberi edukasi kepada beberapa sekolah dan lembaga lainnya mengenai batik.

"Tujuannya ingin menjadi agen of change, apalagi ini seputar budaya, yang mana itu adalah warisan budaya Indonesia yang tentunya akan dan harus selalu dilestarikan. Harapannya semoga generasi muda bisa selalu ingat dan cinta akan budaya Indonesia," pesannya.

Secara khusus, Cyntia menambahkan, bahwa batik ini adalah salah satu warisan tak benda Indonesia yang sudah diakui oleh UNESCO, di mana itu adalah hal yang tentunya dibanggakan. Maka dari itu khususnya generasi muda harus mengenal dan memahami dulu batik.

"Ayo menggunakan batik, jangan sampai cinta atau senang dengan fashion modern lainnya dan jangan sampai batik tergeser oleh pakaian modern, serta tentunya mari ikut melestarikan dan mempromosikan batik dengan cara apapun, apalagi sekarang zamannya teknologi yang canggih, caranya bisa memanfaatkan media sosial yang kita punya," tandasnya.

Sebagai tambahan informasi, prestasi membanggakan dan pengalaman yang pernah diraih oleh Cyntia, yaitu:
1. Duta Batik Indonesia 2023
2. Winner Putri Batik Jawa Barat 2023
3. 1st Runner Up Putri Batik Indonesia 2023
4. Juara Umum Best model Jawa Barat
5. Top Model Putra Putri Jawa Barat
6. Fashion Show dari beberapa designer
7. Menjadi ketua pelaksana dalam acara Indonesia Batik Fashion Show

Tombol Google News

Tags:

Cantik mahasiswi UPI Cyntia Kalyca Prima Duta Batik Indonesia 2023 advokasi Budaya Bangsa