Cuaca Panas Bikin Radang Tenggorokan, Siapkan 5 Bahan Alami ini untuk Jaga Kondisi

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Mustopa

14 Oktober 2023 01:06 14 Okt 2023 01:06

Thumbnail Cuaca Panas Bikin Radang Tenggorokan, Siapkan 5 Bahan Alami ini untuk Jaga Kondisi Watermark Ketik
Ilustrasi radang tenggorokan. (Foto: Freepik)

KETIK, SURABAYA – Radang tenggorokan, batuk, pilek hingga badan meriang kerap melanda siapapun saat cuaca terik. Rata-rata saat cuaca panas tubuh mengalami dehidrasi terutama pada pekerja lapangan. 

Namun, penyebab utama dari radang tenggorokan adalah infeksi virus yang menjadi penyebab pilek, flu, campak, cacar, dan demam. 

Radang tenggorokan akibat bakteri biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri Streptococcus pyogenes. Penyakit ini disebut dengan strep throat. 

Terlepas dari itu, alergi, udara kering, polusi udara, naiknya asam lambung, dan cedera dapat menyebabkan sakit tenggorokan. 

Agar tetap sehat dan tidak terserang radang tenggorokan, ada bahan alami yang dapat dikonsumsi untuk meredakan sakit di tenggorokan. 

1. Madu 

Madu memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-mikroba yang dapat membantu mengobati kondisi pernapasan seperti sakit tenggorokan. 

Secara alami, madu dapat menenangkan tenggorokan dan mengurangi pembengkakan. 

Manfaat madu lainnya yaitu mampu mengurangi sekresi lendir dan batuk sehingga madu merupakan obat alami untuk sakit tenggorokan. 

Foto Sup kaldu clear cocok untuk menambah stamina agar tak mudah terserang radang tenggorokan. (Foto: Freepik)Sup kaldu clear cocok untuk menambah stamina agar tak mudah terserang radang tenggorokan. (Foto: Freepik)

2. Sup kaldu 

Mengkonsumsi sup kaldu tulang akan membantu Anda terhindar dari dehidrasi karena mendukung sistem kekebalan tubuh Anda sehingga dapat pulih dengan cepat. Sup kaldu tulang kaya nutrisi, mudah dicerna, kaya rasa, dan berkhasiat menyembuhkan radang tenggorokan. 

Menurut para peneliti di University of Nebraska Medical Center, asam amino yang dihasilkan saat memasak kaldu tulang, terutama dari ayam, dapat mengurangi peradangan pada sistem pernapasan. 

3. Teh herbal 

Teh herbal adalah pilihan yang bagus sebagai obat sakit radang tenggorokan alami karena ramuan ini mengandung antioksidan. 

Para ahli dari University of Connecticut School of Pharmacy telah mengungkapkan bahwa echinacea juga merupakan jenis yang dapat mengurangi risiko flu dan pilek serta sakit tenggorokan sebesar 58%. 

Bahkan, echinacea juga dapat mengurangi waktu penyembuhan flu hingga satu setengah hari lebih cepat dibandingkan pengobatan herbal lainnya .

Foto Teh herbal yang cocok untuk sakit tenggorokan. (Foto: Freepik)Teh herbal yang cocok untuk sakit tenggorokan. (Foto: Freepik)

4. Air lemon 

Air lemon adalah minuman menyegarkan yang juga dapat meredakan sakit radang tenggorokan yang terjadi akibat pilek atau flu. Lemon mengandung vitamin C dan antioksidan. 

Mencampur lemon dengan air hangat dan sedikit madu atau air garam mungkin merupakan obat sakit radang tenggorokan alami terbaik. 

5. Peppermint 

Peppermint mengandung menthol yang telah digunakan sebagai obat alami sejak zaman dahulu. Peppermint memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri dan membantu meredakan radang tenggorokan. 

Semoga membantu, dan dapat meringankan radang tenggorokan Anda. (*)

Tombol Google News

Tags:

Radang tenggorokan bahan alami cuaca panas sakit tenggorokan 5 bahan alami