Clarissa Vania Indriati, Putri Tenun dan Songket Riau 2023 Ajak Masyarakat Lestarikan Budaya Bangsa

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: Muhammad Faizin

6 Januari 2024 04:30 6 Jan 2024 04:30

Thumbnail Clarissa Vania Indriati, Putri Tenun dan Songket Riau 2023 Ajak Masyarakat Lestarikan Budaya Bangsa Watermark Ketik
Clarissa Vania Indriati, Putri Tenun dan Songket Riau 2023 (Foto: Wandi Ruswannur/ Ketik.co.id)

KETIK, PEKANBARU – Peraih selempang Putri Tenun dan Songket Riau 2023, Clarissa Vania Indriati, akrab dengan panggilan Aca, gadis cantik yang lahir di Kota Pekanbaru, dalam hal ini mengajak segenap lapisan masyarakat untuk melestarikan budaya bangsa.

Pemegang akun media sosial Instagram @clarissavaniia mengatakan, bahwa Tenun Songket merupakan warisan budaya Indonesia, yang menjadi bagian dari cultural landscape sebagai artefak budaya (benda buatan) dan mencerminkan identitas, tradisi, dan nilai-nilai suatu masyarakat. 

Menurutnya, bahwa Tenun adalah teknik dalam pembuatan kain yang dibuat dengan prinsip yang sederhana, yaitu dengan menggabungkan benang secara memanjang dan melintang dengan kata lain bersilangnya antara benang lusi dan pakan secara bergantian, kain tenun biasanya terbuat dari serat kayu kapas sutra dan lainnya. 

"Sedangkan Songket digolongkan dalam keluarga tenunan brokat, songket ditenun dengan tangan menggunakan benang emas dan perak, benang logam metalik yang bertenun berlatar kain menimbulkan efek kemilau cemerlang," ucapnya pada media online nasional Ketik.co.id melalui pesan singkat Whatsapp, Jumat (05/01/2024).

Clarissa dan rekannya Difky sebagai Putra Putri Tenun dan Songkat Riau 2023, sudah menjalankan advokasi, salah satunya di media sosial yakni akun Instagram dengan username @TemanTenun.

"Advokasi tersebut merupakan platform yang didedikasikan untuk mempromosikan tenun songket Indonesia, khususnya daerah Riau," ujar Aca yang juga mahasiswi S1 Psikologi Universitas Abdurrab Pekanbaru dan memiliki hobi menari dan memasak.

Melalui konten-kontennya, Aca menjelaskan, bahwa akun tersebut bertujuan untuk meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap kerajinan tenun songket, serta memperkenalkan keindahan dan keunikan motif tenun songket.

Sebagai anak muda, ia berharap bisa terus menjaga keberlanjutan tradisi tenun dan songket, sebagai bagian tak terpisahkan dari identitas budaya, dengan cara mendukung, mempromosikan, dan berpartisipasi dalam kegiatan terkait.

"Artinya kita mesti berkontribusi dalam melestarikan kekayaan warisan nenek moyang untuk generasi mendatang dan memiliki harapan yang sama dengan Ketua Yayasan Putra Putri Tenun dan Songket Indonesia, yakni Prof. Dr. Hj. Anna Mariana, S.H., M.H, MBA., agar Kemendikbudristek memasukkan tenun dan songket sebagai sejarah budaya ke dalam kurikulum SD hingga perguruan tinggi," harapnya.

Dirinya juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan melestarikan keindahan Tenun dan Songket, sebagai wujudkan kebanggaan akan warisan budaya Indonesia. Dimulai dengan mendukung produk lokal, belajar tentang proses tenun dan songket, dan membagikan kekayaan tradisional ini kepada generasi mendatang. 

"Mari bersama kita wujudkan peran kita sebagai pelindung budaya, membuka mata dunia terhadap kekayaan warisan nenek moyang. Dengan kreativitas dan inovasi milenial, kita bisa menggambarkan Tenun dan Songket dalam konteks modern, memastikan bahwa keindahan tradisi ini terus bersinar di masa depan," tukasnya.

Sebagai informasi, prestasi yang telah diraih oleh Aca, yaitu:
1. Paskibraka Kabupaten Kuantan Singingi Tahun 2021
2. Medali perunggu Indonesian Biology Competition 
3. Most Multitalented 46G di SMAN 1 Teluk Kuantan
4. Dara Kuansing 2023
5. Dara Favorit Riau 2023
6. Putri Tenun dan Songket Riau 2023
7. 5th RU Putri Tenun dan Songket Indonesia 2023

Adapun pengalaman Aca, yaitu:
1. Mengikuti Kihajar tingkat Kabupaten
2. Menjadi Gitapati waktu SD
3. Menjadi anggota OSIS SMP
4. Mengikuti lomba LKBB di SMK Taruna Satria Pekanbaru 
5. Palang Merah Remaja
6. Colour Guard di MBBK
7. Anggota OSIS SMA
8. Bendahara OSIS SMA
9. Aanggota Foksi
10. Menari dan rebana

Tombol Google News

Tags:

Clarissa Vania Indriati Putri Tenun dan Songket Riau 2023 canrikBudaya Bangsa Cantik Budaya Bangsa