Cek Cara Dapatkan Tiket Mudik Gratis dari Pemda Halsel, Buruan Daftar!

Jurnalis: Mursal Bahtiar
Editor: M. Rifat

3 April 2024 14:36 3 Apr 2024 14:36

Thumbnail Cek Cara Dapatkan Tiket Mudik Gratis dari Pemda Halsel, Buruan Daftar! Watermark Ketik
Mudik Gratis Pemda Halsel dengan Kapal Laut (Ilustrasi)

KETIK, HALMAHERA SELATAN – Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah 2024 Masehi tinggal beberapa hari lagi. Bagi warga masyarakat Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) yang ingin mudik, Pemerintah Daerah Halsel telah menyiapkan tiket gratis.

Tiket gratis tersebut dikhususkan bagi warga Halsel di seputaran Provinsi Maluku Utara sesuai rute kapal yang telah disiapkan secara online dan akan dibuka pada Kamis, 4 April 2024.

Untuk mendapatkan tiket mudik gratis, warga perlu mendaftarkan diri dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Daftar diri

Pemudik mendaftar melalui scan QRCODE atau dapat mengakses link https://silang.halmaheraselatankab.go.id/mudikgratis

2. Mengisi Formulir pendaftaran

Lengkapi formulir pendaftaran dengan menyertakan Nomor Induk Kepndudukan (NIK) memilih tujuan keberangkatan, pilih kategori penumpang (Dewas/Anak) lalu tekan DAFTAR.

3. Bukti pendaftaran tiket kapal dan KTP

Itu karena akan diperiksa oleh petugas untuk keperluan CETAK TIKET KAPAL.

4. Waktu pengambilan tiket

Tiket dapat diambil tanggal 5 samapi 7 April 2024 di Pelabuhan Bastiong untuk keberangkatan dari Ternate. Untuk pemudik dari Labuha, tiket dapat diambil di Dinas Perhubungan Halsel.

Foto QRCODE Mudi Gratis Pemda Halsel (Sumber Diskominfo Halsel)QRCODE Mudi Gratis Pemda Halsel (Foto: Diskominfo Halsel)

Sementara untuk keberangkatan, Pemerintah Daerah (Pemda) telah menyiapkan dua kapal penumpang yakni KM Satria Ekspres dan KM Sandra Jaya dengan 3 rute sekaligus.

Rute A, pada minggu 7 April 2024 jam 9.00 WIT (KM Sandra Jaya) diberangkatkan dari pelabuhan Babang menuju Pelabuhan Saketa, Dolik, Kayoa, dan Makian.

Rute B, tanggal 8 April 2024 berangkat dari Pelabuhan Bastiong Ternate menuju Makian, Kayoa, Dolik, Saketa dan Babang, dengan Kapal Satria Ekspres pada jam yang sama.

Rute C, tanggal 8 April 2024 jam 21.00 WIT (KM Sandra Jaya) dari pelabuhan Bastiong Ternate menuju Pelabuhan Kupal dan Pelabuhan Obi.

Jika kesulitan mengakses layanan pendaftaran online, segera kunjungi posko layanan Mudik Gratis Dinas Perhubungan di Labuha, dan Pihak Pelabuhan Bastiong Ternate.

Warga Halsel yang ingin mudik naik kapal gratis silahkan daftarkan diri anda! (*)

Tombol Google News

Tags:

Mudik Gratis Pemda Halsel halmahera selatan Cara Mendaftar Bupati Basaam Kasuba Idul Fitri 2024 Buruan daftar