Cara Tepat Memperkenalkan Anak Dengan Gadget

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

8 Desember 2023 01:00 8 Des 2023 01:00

Thumbnail Cara Tepat Memperkenalkan Anak Dengan Gadget Watermark Ketik
Ilustrasi orang tua yang memperkenalkan teknologi pada anak. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Di era serba modern seperti saat ini nampaknya gadget sudah menjadi kebutuhan bagi banyak orang, tidak terkecuali bagi anak-anak. Sebagai orang tua tentu kita harus bijak dalam mengenalkan teknologi kepada anak, tidak terkecuali gadget. Karena seperti yang kita tahu jika selain membawa dampak positif, jika tidak digunakan dengan baik gadget juga dapat menimbulkan pengaruh negatif

Orang tua harus memperkenalkan pada si kecil bagaimana penggunaan gadget yang benar dan sesuai dengan peruntukannya. Pendekatan yang dilakukan harus bertanggung jawab agar si kecil tahu bagaimana cara yang tepat dalam menggunakan teknologi tanpa memicu dampak negatif.

Dilansir oleh Parentcircle.com, dampak negatif dari penggunaan gadget secara berlebih adalah pada kemampuan otak. Beberapa diantaranya adalah susahnya berkonsentrasi terutama saat belajar dan memiliki minat yang kurang dalam menjalani aktivitas keseharian.

Oleh sebab itu berikut ini kami ulas, bagaimana memperkenalkan gadget pada anak.

 

1. Menerapkan peraturan

Hal pertama yang harus dilakukan saat memperkenalkan gadget pada anak adalah menerapkan peraturan. Peraturan inj mencakup pedoman yang jelas dan diterima bersama mengenai kapan dan bagaimana anggota keluarga dapat menggunakan perangkat elektronik.

Hal ini akan membantu si kecil mengontrol diri terhadap penggunaaan teknologi, dan juga memastikan si kecil mendapatkan waktu yang cukup berkomunikasi dan berinteraksi bersama keluarga.

 

2. Ciptakan waktu bebas gadget

Buatkan zona bebas gadget dalam lingkungan rumah, seperti ruang makan atau ruang tidur, di mana anggota keluarga dapat berkumpul tanpa gangguan dari telepon atau tablet mereka. 

Selain itu anda juga dapat membuat jadwal hari tanpa gadget dengan melakukan aktivitas fisik bersama, sehingga komunikasi antar anggota keluarga tetap dapat terjaga.

 

3. Perkenalkan aktivitas lain

Dalam menggunakan kita dapat melakukan beragam aktivitas. Namun jangan lupa untuk tetap memperkenalkan aktivitas fisik kepada anak. Aktivitas fisik sangat penting untuk menyeimbangkan timbuh kembang anak. 

Aktivitas seperti bermain permainan papan, berolahraga di luar ruangan, atau berkreasi dengan seni dan kerajinan dapat memberikan alternatif yang kreatif dan merangsang syaraf anak, sehingga tidak sampai pada tahap kecanduan teknologi.

 

4. Menyesuaikan privasi

Sebagai ornag tua tentu kita dituntut untuk mengawasi kegiatan anak termasuk di dalam gadget. Oleh sebab utu penting untuk melakukan pengaturan privasi agar membantu kamu mengawasi dan mengontrol penggunaan gadget anak kamu.

Pengaturan privasi ini juga dapat membantu memblokir konten yang tidak sesuai dan menjaga mereka aman saat menjelajahi internet.(*)

Tombol Google News

Tags:

teknologi parenting Gadget orang tua Pendidikan Konten keluarga