Cara Mengetahui Makanan Fermentasi yang Sudah Basi

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

6 Desember 2023 05:05 6 Des 2023 05:05

Thumbnail Cara Mengetahui Makanan Fermentasi yang Sudah Basi Watermark Ketik
Ilustrasi makanan fermentasi. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Makanan hasil fermentasi merupakan salah satu olahan yang digemari banyak orang. Hal ini karena kandungan gizinya. Makanan fermentasi dikenal memiliki kandungan probiotik yang tinggi sehingga akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan pencernaan.

Selain itu makanan ini juga dikenal tahan untuk disimpan dalam waktu yang relatif lama sehingga dapat dikonsumsi sewaktu-waktu. Salah satu contoh makanan hasil fermentasi adalah yoghurt, keju, tempe, tape, dan sayur asin.

Karena merupakan hasil dari fermentasi, tak jarang makanan ini menghasilkan aroma khas yang cukup menyengat. Hal tersebut merupakan normal karena proses fermentasinya. Namun bukan berarti makanan fermentasi tidak bisa basi. Sebagai bahan makanan, makanan fermentasi tetap memiliki batas waktu konsumsi. Berikut ini kami uraikan tanda tanda makanan fermentasi yang sudah kadaluarsa.

 

1.Tercium aroma yang busuk

Hati-hati ketika membuka tutup makanan fermentasimu. Jika sudah basi maka akan mengeluarkan bau busuk yang menyengat. Hal ini karena bakteri jahat yang sudah mulai berkembang dan akan memproduksi bau busuk yang tajam. Jika dirasa baunya sangat busuk alangkah baiknya untuk tidak dikonsumsi.

 

2. Muncul jamur

Saat akan mengkonsumsi makanan fermentasi. Ada baiknya kamu mengamati apakah ada jamur yang muncul. Jika muncul jamur berwarna kecokelatan, merah muda, hitam, maupun warna lain selain putih, bisa jadi makananmu sudah basi.

Khusus untuk tempe Jika kamu melihat suatu bercak putih jangan khawatir karena hal tersebut bukan jamur melainkan salah satu tipe ragi bernama kahm. Ragi kahm ini mengonsumsi gula pada makanan fermentasi. dan hal ini tidak berbahaya.

 

3. Perhatikan perubahan warna

Memperhatikan perubahan warna pada makanan fermentasi juga hal penting. Perubahan warna yang terlalu mencolok dapat menjadi pertanda jika makananmu telah basi. Contoh sayuran fermentasi yang awalnya berwarna hijau lalu mendadak berubah menjadi abu-abu, hitam, maupun cokelat, jangan kamu makan. Perubahan warna yang begitu mencolok menjadi tanda makanan fermentasimu sudah beracun.(*)

Tombol Google News

Tags:

Makanan fermentasi basi jamur mengamati probiotik Menyimpan