Bupati Bandung Tegaskan Jangan Sampai Ada Pungli di PPDB

Jurnalis: Iwa AS
Editor: Akhmad Sugriwa

16 Mei 2024 06:00 16 Mei 2024 06:00

Thumbnail Bupati Bandung Tegaskan Jangan Sampai Ada Pungli di PPDB Watermark Ketik
Bupati Bandung Dadang Supriatna saat Kick Off PPDB di Soreang. (Foto: Iwa/Keti.co.id)

KETIK, BANDUNG – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bandung menggelar Kick Off Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2024/2025 di Soreang, Rabu (15/5/2024). Bupati Bandung Dadang Supriatna mengingatkan agar jangan sampai ada pungutan liar (pungli) saat pelaksanaan PPDB. 

"Kalau kita sayang kepada anak-anak kita, kepada semua masyarakat Kabupaten Bandung. Termasuk para calon pemimpin masa depan, anak-anak didik kita, maka saya ingatkan jangan sampai ada pungli. Karena pungli adalah awal daripada langkah-langkah yang tidak baik," pesan Bupati Bandung.

Bupati mengaku sudah berkomitmen dengan Saber Pungli Kabupaten Bandung,  untuk tidak kagok memberantas apabila terjadi pungli terutama dalam hal PPDB tahun ajaran 2024/2025.

Bupati Dadang Supriatna yang akrab disapa Kang DS ini juga berencana mengundang para kepala desa dan para camat untuk menyampaikan kepada masyarakat terkait upaya pencegahan pungli saat PPDB.

Kepala Disdik Kabupaten Bandung Agus Firman Zaini menerangkan, PPDB Jenjang SMP, untuk Jalur Zonasi mulai dibuka pendaftaran tanggal 24-29 Juni 2024.
Jalur Zonasi merupakan jalur seleksi PPDB dengan menggunakan sistem pembagian wilayah menjadi beberapa zona, dengan mempertimbangkan letak geografis,wilayah administratif, dan letak satuan pendidikan terhadap domisili calon peserta didik.

"Seleksi PPDB pada jalur zonasi mengutamakan jarak terdekat domisili calon peserta didik dengan satuan pendidikan," kata Kadisdik.

Calon peserta didik jalur zonasi minimal 70% untuk jenjang SD dan 50% untuk jenjang SMP dari total jumlah keseluruhan peserta didik yang diterima.

"Untuk wilayah yang berbatasan antar zona, dapat mendaftar ke satuan pendidikan terdekat di luar zona yang ditetapkan, dengan jarak dari satuan pendidikan yang dituju, maksimal satu kilometer," jelas Agus Firman.

Sementara untuk pendaftaran calon siswa SMP, melalui jalur Afirmasi, Prestasi dan Perpindahan Tugas Orangtua/Wali, dimulai tanggal 1-3 Juli 2024. 

Jalur afirmasi ini antara lain terdiri dari seleksi kompeten/kemampuan mulai tanggal 3-5 Juli 2024. Pengumuman kelulusan tanggal 11 Juli 2024, Daftar Ulang 12-13 Juli 2024, dan haru pertama masuk sekolah tanggal 15 Juni 2024.

"Sedangkan untuk Jenjang TK dan SD, jadwal pendaftaran mulai dibuka 10 Juni sampai 8 Juli 2024. Pengumuman penerimaan 11 Juli 2024, dan Hari Pertama Masuk Sekolah 15 Juni 2024," kata Kadisdik.(*)

Tombol Google News

Tags:

PPDB BUPATI BANDUNG DADANG SUPRIATNA DISDIK disdik kabupaten bandung