Bupati Bandung Bakal Wajibkan ASN Pakai Seragam Batik Kina Tiap Kamis

Jurnalis: Sungkara Anwar
Editor: Akhmad Sugriwa

11 Agustus 2023 09:10 11 Agt 2023 09:10

Thumbnail Bupati Bandung Bakal Wajibkan ASN Pakai Seragam Batik Kina Tiap Kamis Watermark Ketik
Bupati Bandung Dadang Supriatna saat meninjau Kampung Batik Pasundan di Desa Sukamenak Kec Margahayu Kab Bandung, Jumat (11/8/2023). (Foto: Iwa/Ketik.co.id)

KETIK, BANDUNG – Bupati Bandung Dadang Supriatna dalam waktu dekat akan mewajibkan kepada seluruh aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkab Bandung untuk memakai seragam bermotif batik kina.

Seperti diketahui batik kina sudah resmi menjadi batik khas Kabupaten Bandung yang bermotif daun dari pohon kina. Pohon kina sendiri dulunya merupakan pohon khas dari Kabupaten Bandung yang banyak tumbuh subur di kawasan Gunung Malabar Kecamatan Pangalengan. 

Menurut Bupati Bandung, batik kina ini sudah memiliki hak cipta yang dihibahkan oleh Yayasan Klinik Media Kreatif kepada Pemerintah Kabupaten Bandung.

"Dalam waktu dekat, kami akan mewajibkan para ASN setiap hari Kamis minggu pertama dan ketiga setiap bulannya. Begitu juga kalau ada acara-cara tertentu seperti penerimaan tamu, harus memakai batik kina sebagai dress code. Ini dalam rangka memperkenalkan motif batik kina dan mengembangkan ekonomi kreatif batik kina," kata bupati saat mengunjungi Kampung Batik Pasundan di Desa Sukamenak, Kecamatan Margahayu, Jumat (11/8/2023).

Bupati mengaku saat ini bahan batik kina untuk seragam ASN tersebut sedang dalam proses pencetakan. "Untuk merealisasikan motif batik kina ini lebih luas, Pemkab Bandung pun akan berkolaborasi dengan sejumlah pembatik dan pengusaha industri lokal dalam proses pembuatan motif batik kina seperti di Kampung Batik Pasundan ini," ujarnya.

Foto Bupati Bandung Dadang Supriatna saat meninjau Kampung Batik Pasundan di Desa Sukamenak Kec Margahayu Kab Bandung, Jumat (11/8/2023). (Foto: Iwa/Ketik.co.id)Bupati Bandung Dadang Supriatna saat meninjau Kampung Batik Pasundan di Desa Sukamenak Kec Margahayu Kab Bandung, Jumat (11/8/2023). (Foto: Iwa/Ketik.co.id)

Selain mewajibkan ASN memakai seragam batik kina di waktu yang telah ditentukan, menurutnya batik kina juga sudah banyak di-branding atau diperkenalkan melalaui berbagai kegiatan seperti dengan pendirian butik khas batik kina, promosi di tempat wisata dan perhotelan, sampai kegiatan expo tingkat nasional maupun mancanegara.

"Kalau untuk marketnya, batik kina ini baru di market lokalan dulu, karena batik ini baru di-launching sekitar empat bulan yang lalu. Kita penuhi dulu demand atau permintaan pasar lokal setelah itu baru akan ekspansi ke skala Jawa Barat bahkan sampai nasional dan internasional ke depannya," ucap Bupati Dadang Supriatna.

Menurutnya, batik kina juga bermacam-macam variasi motifnya hingga belasan motif seperti yang tertuang dalam hak cipta. Bukan hanya berupa kain batik saja, tukasnya, motif batik kina juga bisa digunakan untuk sarung bantal, perlengkapan rumah tangga, sepatu atau sendal dan aksesoris fashion lainnya. Dengan demikian bisa menjadi produk komersil bagi para pelaku usaha keci dan menengah, dengan didukung kualitas produknya.

"Motif batik kina ini memiliki makna filosofis dan historis mendalam dari Kabupaten Bandung sendiri. Dalam motif batiknya juga terkandung kearifan lokal Kabupaten Bandung. Karena itu kami berkomitmen untuk terus men-support dalam mengembangkan industri ekonomi kreatif batik kina ini," pungkas bupati.(*)

Tombol Google News

Tags:

BUPATI BANDUNG Seragam batik kina Batik ASN