Bilqis Ariffin, Sosio Traveller Ungkap Keramahan Masyarakat Sumba Barat Daya

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: Muhammad Faizin

25 Juli 2023 05:09 25 Jul 2023 05:09

Thumbnail Bilqis Ariffin, Sosio Traveller Ungkap Keramahan Masyarakat Sumba Barat Daya Watermark Ketik
Bilqis Ariffin saat berbaur dan mengenal budaya Sumba Barat Daya. (Foto: dokumen pribadi)

KETIK, SUMBA BARAT DAYA – Eksotisme alam dan budaya di Sumba Barat Daya terus tersohor. Hal ini ditunjang oleh keramahan warganya. 

Hal ini antara lain terungkap dari Bilqis Ariffin, seorang sosio traveller, yang akrab dipanggil Bilqis yang menyambangi Desa Kadi Roma, Kecamatan Wewewa Tengah, Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Senin-Ahad (17-23/07/2023).

Gadis cantik kelahiran Jakarta ini mengatakan, kegiatan tersebut merupakan Pengabdi Muda 8 (Arah Pemuda Indonesia). Bertemakan "Pengabdian Masyarakat Berbasis Human Centered Development" yang diikuti oleh 80 delegasi dan fasilitator.

"Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan kontribusi bagi negeri, mendorong daerah yang perlu dikembangkan, Self Development, menambah relasi, dan membangun team work," ucap Bilqis kepada ketik.co.id melalui pesan singkat whatsapp, Selasa (25/07/2023).

Menurut pemilik akun media sosial Instagram @bil.qis bahwa masyarakat di Sumba Barat Daya ramah-ramah dan baik sekali. Program kerja yang dibuat masing-masing divisi juga sudah keren banget dalam kegiatan tersebut. 

"Ditambah dengan NGO yang menaungi kami (Arah Pemuda Indonesia) sangat baik dalam memanage semua hal dari persiapan kami selama berbulan-bulan, saat di titik pengabdian, dan sampai kami pulang," ungkap Bilqis.

Secara khusus, Bilqis berharap semoga semakin banyak orang-orang yang tergerak untuk ikut dan berkontribusi langsung untuk menjadi volunteer daerah-daerah pelosok di Indonesia.

"Volunteer kali ini adalah volunteer terbaik selama aku terjun di dunia socio traveler 3 tahun belakangan ini. Masyarakat Kadi Roma sangat menyambut hangat dan menerima kami," tandasnya dengan nada optimis dan penuh semangat.

Sebagai informasi, Bilqis Ariffin saat ini sedang bergelut di bidang bisnis fashion wanita dengan banyak prestasi, di antaranya:
1. Brand Ambassador Bakti Milenial #2 Lombok 2021.
2. Brand Ambassador United Nation And Volunteer (UNEV) Aceh Barat Daya 2021.
3. Brand Ambassador Penggerak Perbatasan #2 IDE Indonesia Entikong, Kalimantan Barat - Malaysia 2022.

Adapun kegiatan yang dijalankan sebagai Pengabdi Muda 8 yaitu: 
1. Pendidikan berbasis human capital.
2. Clean up world campaign.
3. Ecotourism berbasis local wisdom.
4. General check up dan pengobatan gratis.
5. Ekslusif trip destinasi favorit di Sumba. (*)

Tombol Google News

Tags:

Bilqis Ariffin Cantik traveller Sumba Barat Daya Wisata Nusa Tenggara Barat