Bantah Dukung Capres Tertentu, Warga Wadas Tegaskan Fokus Gugat Presiden dan Gubernur Jateng

Jurnalis: Muhammad Faizin
Editor: Mustopa

7 Desember 2023 07:03 7 Des 2023 07:03

Thumbnail Bantah Dukung Capres Tertentu, Warga Wadas Tegaskan Fokus Gugat Presiden dan Gubernur Jateng Watermark Ketik
Flyer klarifikasi terkait kabar warga Wadas mendukung capres tertentu. (Akun X)

KETIK, SURABAYA – Warga Desa Wadas, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah membantah pemberitaan yang menyebut mereka mendukung pasangan capres-cawapres tertentu. 

“Dukungan (sebagian) warga Wadas untuk Prabowo-Gibran tidak ada kaitannya dengan warga Wadas yang konsisten menolak tambang batu andesit di Wadas sampai kapanpun,” ujar perwakilan warga Wadas, Siswanto dalam pernyataan tertulisnya, Kamis (07/12/2023). 

Menurutnya, saat ini warga Wadas yang tergabung dalam Gerakan Masyarakat Peduli Alam Desa Wadas (Gempadewa) sedang fokus pada perjuangan mempertahankan tanah mereka dari penggusuran, melalui jalur hukum. 

“Warga wadas yang menolak tambang batu andesit masih konsentrasi dnegan proses gugatan PMH (Perbuatan Melawan Hukum di PN Sleman Yogyakarta sehingga tidak ada waktu untuk dukung-mendukung capres dalam pemilu kali ini,” ujar Siswanto seperti yang ditulis juga dalam akun resmi warga Wadas penolak tambang andesit, @Wadas_Melawan. 

Pemberitaan ataupun klaim yang menyebut warga Wadas mendukung capres Prabowo-Ganjar, dinilai sangat merugikan perjuangan panjang yang telah mereka lakukan untuk mempertahankan lahan dari upaya penggusuran. 

“Warga Wadas yang hari ini tetap konsisten sangat merasa di rugikan atas berita tersebut. Karena kami juga tidak pernah mendeklarasikan dukungan pada capres manapun, sehingga tidak pernah pula menyampaikan ke publik/ ke siapa pun atas deklarasi tersebut,” ujarnya. 

Saat ini, warga Wadas sedang fokus pada gugatan yang mereka layangkan kepada Presiden, Gubernur Jawa Tengah dan beberapa instansi di bawahnya. 

“Pejuang Wadas adalah siapapun yang konsisten menolak tambang batuan Andesit di Wadas dan berbagai bentuk eksploitasi sumber daya alam dan mendukung penuh upaya gugatan PMH yang ditujukan untuk Presiden, Gubernur Jawa Tengah, Kepala BBWSO, Kepala BPN, Kementrian PUPR,” pungkasnya.

Sebagai catatan, di media sosial X (sebelumnya bernama twitter), warga Wadas yang konsisten menolak tambang andesit di desa mereka, menggunakan nama akun @Wadas_Melawan. Namun, muncul pula akun yang menamakan diri @Gempadewa, namun dengan narasi mendukung tambang andesit dan mendukung Ganjar Pranowo menjadi presiden.

Tombol Google News

Tags:

Wadas gemp dewa Tambang andesit Jokowi