Akun Instagram AJI Indonesia Diretas, Digunakan Penipuan Online

Jurnalis: Muhammad Faizin
Editor: Mustopa

5 September 2023 12:00 5 Sep 2023 12:00

Thumbnail Akun Instagram AJI Indonesia Diretas, Digunakan Penipuan Online Watermark Ketik
Akun Instagram @aji.indonesia milik Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia, diretas pihak yang tidak dikenal dan digunakan untuk penipuan online. (Istimewa)

KETIK, JAKARTA – Akun media sosial milik Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia pada Selasa (05/09/2023) siang, diretas orang tak dikenal. Berdasarkan rilis dari organisasi profesi wartawan tersebut, sekitar pukul 11:00 WIB, akun Instagram @aji.indonesia sudah dikendalikan pihak yang tidak dikenal. Pelaku mengunggah sejumlah iklan gadget melalui akun IG tersebut. 

"AJI Indonesia telah berupaya melakukan sejumlah langkah, termasuk berkomunikasi dengan pihak Meta untuk memulihkan akun tersebut. Hingga rilis ini dibuat, akun tersebut masih dikuasai pihak lain dan terus mengunggah informasi penjualan HP. Selain itu, peretas juga menghapus seluruh stories yang ada di akun aji.indonesia dan menggantinya dengan informasi penjualan HP," ujar Sasmito, Ketua Umum AJI Indonesia. 

Atas peretasan tersebut, AJI Indonesia mengimbau warganet untuk mengabaikan konten yang beredar di Instagram AJI Indonesia. Hal ini agar tidak muncul kerugian ekonomi ataupun lainnya.

"AJI Indonesia juga sedang berupaya mengidentifikasi serangan ini berkaitan dengan kerja-kerja AJI atau tidak. Sebab, upaya serangan digital ke AJI terus bermunculan dalam dua bulan terakhir, salah satunya ke website resmi AJI," papar Sasmito. 

Berdasarkan informasi yang dihimpun, sejumlah warganet juga ada yang menjadi sasaran penipuan.

Pihak yang diduga mengendalikan akun instagram @aji.indonesia itu mengirimkan pesan ke sejumlah warganet dan menawarkan gadget dengan harga yang miring. 

"Ada teman juga yang hampir kena. Dia ditawarkan beli iPhone dengan harga sangat murah. Saya dengar dari teman juga sudah ada yang tertipu," ujar Hermawan, salah seorang anggota AJI saat dikonfirmasi ketik.co.id. (*)

Tombol Google News

Tags:

Aliansi Jurnalis Independen AJI Indonesia Instagram Meta penipuan