Aksi Bergizi, Cara Pemkot Batu Cegah Anemia Remaja Putri

Jurnalis: Sholeh
Editor: Muhammad Faizin

23 Oktober 2023 13:05 23 Okt 2023 13:05

Thumbnail Aksi Bergizi, Cara Pemkot Batu Cegah Anemia Remaja Putri Watermark Ketik
Kampanye Aksi Bergizi di halaman Museum Tubuh Kota Batu, Senin (23/10/2023). (Foto: Sholeh/ketik co.id)

KETIK, BATU – Pemkot Batu melalui Dinas Kesehatan menggencarkan Aksi Bergizi untuk mencegah anemia di kalangan remaja putri. Salah satunya melalui kampanye Aksi Bergizi di halaman Museum Tubuh Kota Batu, Senin (23/10/2023).

Dalam Aksi Bergizi, ada dua hal yang dikampanyekan. Yaitu menkonsumsi Tablet Fe untuk remaja putri dan Isi Piringku.

“Ini penting dikonsumsi (Tablet FE) remaja putri satu minggu sekali cukup. Sebenarnya kalau dari makan saja sudah terpenuhi tidak mengkonsumsi tidak apa-apa,” jelas Kepala Dinas Kesehatan Kota Batu, drg. Kartika Trisulandari.

Dalam penjelasannya, drg Kartika menyebut bahwa vitamin FE (Zat Besi) merupakan tablet penambah darah yang dibutuhkan untuk mengatasi anemia pada remaja putri.

Sedangkan, Isi Piringku merupakan program pemerintah yang mengganti program 4 sehat 5 sempurna. Menurutnya, Isi Piringku memiliki konsep makanan bergizi seimbang dengan memperhatikan berbagai macam asupan gizi seperti karbohidrat, protein, mineral dan vitamin. 

“Gambarannya porsi makan yang dikonsumsi dalam satu piring adalah 50 persen mengandung sayur dan buah, serta 50 persen sisanya yakni karbohidrat dan protein,” urainya

Menurut drg Kartika, remaja putri memang mudah terkena anemia karena mengalami menstruasi. Kondisi itu membuat sel darah berkurang apalagi ditambah dengan gizi yang tidak seimbang. Untuk itu, ditegaskannya, tablet penambah darah dibutuhkan untuk mengatasi anemia.

"Dengan kampanye ini merupakan investasi untuk hidup sehat ke depan sejak remaja. Mengingat remaja putri nantinya akan melahirkan, jadi bisa mengurangi kasus stunting" tambahnya.

Dalam kesempatan itu juga, drg Kartika mengajak siswa menerapkan perilaku sehat. Salah satunya membawa bekal hasil masakan orang tua. Menurutnya, selain lebih sehat, dengan membawa bekal siswa berkontribusi mengurangi sampah di Sekolah.

"Dalam acara ini para siswa diberi tempat makan dan minum sekaligus isinya. Karena kami sekaligus menggalakkan semangat zero waste dengan membawa bekal darir umah," tegasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu aksi bergizi Dinas Kesehatan Kota Batu Remaja Putri Kurang darah Tablet FE zat besi Isi Piringku