Akibat Pergeseran Pipa PDAM, Aspal Jalan Pasar Kembang Meletus

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Moana

1 Agustus 2023 06:11 1 Agt 2023 06:11

Thumbnail Akibat Pergeseran Pipa PDAM, Aspal Jalan Pasar Kembang Meletus Watermark Ketik
Kondisi Aspal Jalan Pasar Kembang setelah di ratakan setelah sebelumnya sempat meletus, Selasa (1/8/2023).(Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Peristiwa meletusnya aspal jalan di Kawasan Pasar Kembang Surabaya mengagetkan sejumlah warga. Aspal jalan tiba tiba terangkat kemudian meletus.

Penyebabnya diketahui karena pemasangan pipa baru PDAM Surya Sembada Surabaya yang masih dalam tahap pengerjaan.

Peristiwa itu membuat arus lalu lintas di Jalan Pasar Kembang macet. Petugas kepolisian dari Unit Lantas Polsek Tegalsari langsung melakukan pengaturan lalu lintas. Sebelumnya sudah ada laporan dari warga mengenai retaknya aspal jalan pada Senin (31/7/2023)

Anggota lapangan BPBD Surabaya, Darmanwan mengatakan meletusnya aspal dikarenakan terjadinya pergeseran saat pemasangan pipa baru.

Akibatnya lumpur yang berada didalam terangkat ke atas permukaan dan menyebabkan jalannya menggelembung. 

"Penyebabnya bukan karena gas, melainkan karena adanya pergeseran saat pemasangan pipa baru,"jelas Darmawan, Selasa (1/8/2023). 

Tinggi aspal yang meletus diperkirakan sekitar 50 meter dengan diameter lubang 5,5 meter dan kedalaman 5 meter.

Untuk proses perbaikan PDAM akan melakukan pemerataan jalan kemudian akan dilanjutkan dengan pengaspalan. Waktu perbaikan diperkirakan sekitar 1 hari tergantung dari stok material yang tersedia.

"Untuk perbaikan akan memakan waktu satu hingga 2 hari tergantung materialnya. Dan sejauh ini untuk saluran PDAM tidak ada gangguan," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Jalan meletus Pipa PDAM PDAM Surya Sembada Surabaya perbaikan Pasar kembang Surabaya