Akibat Hujan dan Angin Kencang, Bangunan dan Mobil di Jember Rusak

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: M. Rifat

9 Januari 2024 02:03 9 Jan 2024 02:03

Thumbnail Akibat Hujan dan Angin Kencang, Bangunan dan Mobil di Jember Rusak Watermark Ketik
Evakuasi pohon tumbang menimpa bangunan warga akibat hujan disertai angin kencang (8/1/2024) (Foto: BPBD Jember)

KETIK, JEMBER – Hujan deras disertai angin kencang menerjang tiga kecamatan di Kabupaten Jember pada Senin (8/1/2024) sore. Akibatnya banyak bangunan dan kendaraan rusak karena tertimpa pohon tumbang.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat menyebutkan sekitar pukul 14.20 WIB ada 11 titik pohon tumbang di wilayah Jember. Di antaranya terjadi di Jalan Tawang Mangu-Tegalgede, Jalan Riau-Sumbersari, Jalan Koptu Berlian-Antirogo, Universitas Jember, dan Baban Barat-Harjomulyo Silo.

Angin kencang yang menumbangkan 34 pohon tersebut menimpa sejumlah bangunan dan kendaraan bermotor hingga rusak. “3 rumah, 5 tempat usaha, 5 mobil, 1 sepeda motor, dan 2 tiang listrik patah. Beruntung tidak ada korban jiwa,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Jember, Penta Satria (9/1/2024).

Salah satu pemilik mobil yang tertimpa di wilayah Universitas Jember, Naning, mengaku tidak tahu jika kronologi pohon tumbang yang menimpa kendaraannya. “Saya lagi di dalam masjid kedengaran suara brak (pohon tumbang) gitu aja, gak kepikiran kalau menimpa mobil saya,” ujarnya.

Sementara, Penta mengatakan bahwa berdasarkan data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), puncak musim hujan terjadi pada Januari hingga Februari. 

“Sudah ada peringatan dini dari BMKG terkait dengan cuaca ekstrem pada 4 Januari hingga 10 Januari 2024,” imbuhnya.

Atas peringatan dini tersebut, pihaknya mengimbau masyarakat Jember untuk berhati-hati dan waspada ketika hujan disertai angin terjadi.

“Untuk mencegah dampak yang terjadi akibat cuaca ekstrem, kurangi aktivitas di luar rumah jika sudah ada tanda-tanda mau hujan,” tutup Penta.(*)

Tombol Google News

Tags:

pohon tumbang hujan disertai angin kencang bangunan rusak kendaraan rusak Jember BPBD Jember cuaca ekstrem