Ada Nama Sutiaji dan Wahyu Hidayat dalam Survei 25 Nama Bacakada PDIP Kota Malang

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Mustopa

20 Juni 2024 10:22 20 Jun 2024 10:22

Thumbnail Ada Nama Sutiaji dan Wahyu Hidayat dalam Survei 25 Nama Bacakada PDIP Kota Malang Watermark Ketik
Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Malang, I Made Riandiana Kartika. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – DPC PDI Perjuangan Kota Malang segera melakukan survei nama-nama yang akan menjadi Bakal Calon Kepala Daerah (Bacakada) Kota Malang. Survei tersebut merupakan tindak lanjut dari arahan DPP PDI Perjuangan.

Terdapat nama-nama yang cukup familier di masyarakat, seperti mantan Wali Kota Malang Sutiaji dan Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat. Ketua DPC PDIP Kota Malang, I Made Riandiana Kartika menjelaskan survei dilakukan kepada sembilan pendaftar dan beberapa nama dari luar partai.

"Kami sudah melakukan listing, ada 25 nama yang akan kami survei dan akan kita adakan di bulan Juli. Awal Juli kita survei, pertengahan Juli sudah dapat hasilnya," ujar Made, Kamis (20/6/2024).

Pendaftaran Bacakada Kota Malang di PDI Perjuangan telah dilakukan sejak 15-25 Mei 2024 lalu. Nama-nama pendaftar telah dikirimkan kepada DPD dan DPP pada 31 Mei 2024.

Dengan adanya survei terhadap 25 nama-nama tersebut, Made berharap rekomendasi dari DPP dapat turun di awal Agustus sebelum penutupan pendaftaran cakada ke KPU Kota Malang 27-29 Agustus 2024.

"Kita tidak akan publikasi hasil vurveinya karena ini bagian dari strategi pemenangan partai. Kalau ada tokoh yang bagus surveinya tapi tidak masuk ke penjaringan, akan kami laporkan ke DPP untuk tindak lanjut," kata Made.

Survei akan dilakukan dengan melibatkan beberapa aspek, mulai dari popularitas, elektabilitas, hingga tren perilaku pemilih berdasarkan usia, pekerjaan, dan pendidikan. Made mengharapkan baik itu wali kota maupun wakil wali kota, terdapat pihak yang berasal dari internal partai.

"Untuk wali kota (N1) dan wakil wali kota (N2), kami harapkan salah satunya dari internal partai. Namun, kami tetap terbuka untuk berkoalisi dengan partai lain," lanjutnya.

Selain Sutiaji dan Wahyu Hidayat, terdapat nama-nama lain yang masuk dalam daftar survei, mulai dari Abah Anton, mantan Sekda Kota Malang Wasto, tokoh dari parpol Gerindra seperti Rimza Jubair dan Moreno Soeprapto, serta empat nama dari PKS yaitu Dwi Hari Cahyono, Ahmad Fuad Rahman, Asmualik, dan Rendra Mas Drajat.

Made juga menyebut nama Ketua PCNU Kota Malang, Isroqunnajah masuk dalam daftar survei PDI Perjuangan Kota Malang. Termasuk dari internal partai, seperti Kris Dayanti, Dewanti Rumpoko, Sri Rahayu, Sri Untari, dan Wanedi.

Hingga kini, PDI Perjuangan Kota Malang telah berkomunikasi dengan partai politik lainnya, termasuk PKB, Gerindra, PSI, PAN, NasDem, PKS, Demokrat, dan Golkar.

"Kami berharap dapat menemukan calon terbaik untuk Kota Malang melalui keterbukaan dan kolaborasi ini. Artinya kalau Kota Malang ini untuk pimpinan parpolnya menyatu, kami saling terbuka," tutupnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

DPC PDI Perjuangan Kota Malang pdi perjuangan Bacakada Kota Malang Kota Malang Pilkada 2024