135 Hari Amankan Pilkada, Polres Malang Kerahkan 15.603 Personel

Jurnalis: Gumilang
Editor: Mustopa

19 Agustus 2024 08:57 19 Agt 2024 08:57

Thumbnail 135 Hari Amankan Pilkada, Polres Malang Kerahkan 15.603 Personel Watermark Ketik
Suasana Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pilkada yang dilakukan Polres Malang. (Foto : Binar Gumilang/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Polres Malang mengerahkan sebanyak 15.603 personel gabungan dalam mengamankan Pilkada yang berlangsung selama 135 hari. Sebelum menjalankan tugas, para personel melakukan apel gelar pasukan Operasi Mantap Praja Semeru 2024 di Mapolres Malang, Senin, (19/8/2024).

Kapolres Malang AKBP Putu Kholis Aryana menjadi inspektur upacara pada apel tersebut. Hadir pada kesempatan itu, Bupati Malang Sanusi, Dandim 0818 Letkol Inf Yuda Sancoyo dan Kajari Kabupaten Malang Rachmat Supriyadi.

Kapolres Malang AKBP Putu Kholis Aryana mengatakan, pihaknya mengubah istilah kerawanan menjadi indeks keamanan pada Pilkada Kabupaten Malang.

"Lebih baik bagaimana istilah-istilah kerawanan ini kita ubah. Sepertinya lebih bagus kita menggunakan indeks keamanan atau hal-hal yang perlu mendapat perhatian," ujarnya. 

Lebih lanjut ia membeberkan hal-hal yang mendapatkan perhatian pada Pilkada Kabupaten Malang atau Pilbup Malang. Di antaranya berbagai peristiwa yang terjadi di Pemilu 2019, Pilkada 2020, serta Pemilu 2024.

"Ini kita identifikasi hal-hal yang terjadi berulang kali untuk kita dalami dan antisipasi agar tidak terjadi pada Pemilukada 2024," kata Perwira Menengah atau Pamen Kepolisian dengan dua melati di pundaknya tersebut.

Masih kata AKBP Putu Kholis Aryana, dari hasil survei dan interaksi dengan masyarakat, diyakini Pilkada Kabupaten Malang 2024 dapat berlangsung kondusif. 

"Kemudian kita juga bisa mengurai berbagai harapan dari masyarakat untuk ditindaklanjuti. Sehingga, jajaran TNI, Polri dan Pemerintah Daerah bisa bergerak lebih cepat dan efisien," terangnya.

Mantan Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok ini juga mengungkapkan prediksi hasil pemetaan Pilkada Kabupaten Malang 2024. "Prediksi hasil pemetaan KPU, Bawaslu dan Polda Jawa Timur beserta Kodam V Brawijaya, Malang termasuk daerah yang aman," sebutnya.

Sebagai informasi, pada apel gelar pasukan pengamanan Pilkada tersebut juga dihadiri panitia penyelenggara Pemilu. Di antaranya, Ketua Bawaslu Kabupaten Malang M Wahyudi dan Ketua KPU Kabupaten Malang, Abdul Fatah. (*)

Tombol Google News

Tags:

Polres Malang pilkada Pilkada Kabupaten Malang Pilbup Malang Kabupaten Malang Bupati Malang