Yuk Kenalan, Xiaomi 12S Ultra yang Dapat Diganti Lensa 

Editor: Shinta Miranda

18 November 2022 04:37 18 Nov 2022 04:37

Thumbnail Yuk Kenalan, Xiaomi 12S Ultra yang Dapat Diganti Lensa  Watermark Ketik
Tampilan Xiaomi 12S Ultra Concept Edition. (Foto: Xiaomi)

KETIK, SURABAYA –  Xiaomi baru saja meluncurkan smartphone baru, yang dimaksud adalah Xiaomi 12S Ultra Concept Edition. 

Xiaomi 12S Ultra Concept menampilkan pengaturan kamera belakang unik yang mencakup lensa Leica, yang dapat dilampirkan untuk fotografi yang disempurnakan. 

Xiaomi baru saja membagikan video teaser dan poster gambar baru di akun Weibo resminya, dilansir laman Gizmochina, Kamis (3/11). 

Melihat teaser ini, kita dapat melihat bahwa handset yang akan datang adalah model kelas atas dengan penekanan yang jelas pada fotografi kamera. 

Xiaomi menyulap ponsel flagship terbarunya, Xiaomi 12S Ultra menjadi seperti kamera mirrorless, dengan lensa yang bisa dilepas-pasang. 

Modul kamera Xiaomi 12S Ultra dimodifikasi sehingga bisa menampung lensa kamera eksternal dari Leica, khususnya lensa Leica M-series yang dikenal sebagai lensa kompak. 

Xiaomi menyebut ponsel ini sebagai Xiaomi 12S Ultra Concept. Ponsel konsep ini dipamerkan langsung oleh Xiaomi melalui sebuah video berdurasi 2 menit 26 detik di situs microblogging China, Weibo. 

Dari segi tampang, ponsel Xiaomi 12S Ultra Concept ini sama persis seperti ponsel Xiaomi 12S Ultra yang dirilis pada Juli lalu di China. 

Hanya saja, Xiaomi pinggiran modul kamera belakang yang berbentuk lingkaran besar itu kini dijadikan sebagai mounting lensa eksternal. 

Dengan mounting itulah Xiaomi 12S Ultra Concept bisa dipasangkan lensa kamera eksternal Leica M-series. 

Sama seperti kembarannya, Xiaomi 12S Ultra Concept sudah dibekali spesifikasi kamera yang istimewa, seperti kamera utama 50 MP dengan sensor Sony IMX989 yang berukuran 1 inci. 

Foto Tampilan kamera Xiaomi 12S Ultra Concept Edition. (Foto: Xiaomi)Tampilan kamera Xiaomi 12S Ultra Concept Edition. (Foto: Xiaomi)

Sensor kamera itu terbilang istimewa, sebab ini merupakan pertama kalinya Sony meluncurkan sensor kamera dengan ukuran 1 inci. Sebelum-sebelumnya, ukuran sensor Sony lebih kecil dari 1 inci. 

Cara memasang lensa eksternal pada Xiaomi 12S Ultra Concept ini sama seperti memasang lensa pada kamera DSLR atau mirrorless, hanya dengan ditempelkan lalu diputar hingga bunyi "klik". 

Perangkat kamera eksternal sebenarnya sudah umum. Namun masalahnya, transfer gambar dari lensa kamera eksternal ke kamera ponsel sering mengurangi kualitas gambar. 

Xiaomi 12S Ultra Concept ini adalah yang pertama dengan lensa eksternal yang langsung tersambung dengan sensor kamera. Perangkat eksternal seperti ini menyelesaikan salah satu masalah terbesar di kamera ponsel, yakni zoom optic. (*)

Tombol Google News

Tags:

Xiaomi 12S Ultra kamera