Waduh! Kawanan Hiu di Lepas Pantai Brasil Positif Kokain

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Mustopa

26 Juli 2024 09:46 26 Jul 2024 09:46

Thumbnail Waduh! Kawanan Hiu di Lepas Pantai Brasil Positif Kokain Watermark Ketik
Ilustrasi ikan hiu. (Foto: Freepik)

KETIK, JAKARTA – Para ilmuwan mengungkap kawanan hiu positif mengandung kokain imbas penggunaan obat-obatan terlarang di Brasil. 

Dalam penelitian berjudul Cocaine Shark dan terbit dalam jurnal Science of the Total Environment, para ilmuwan membedah tubuh 13 hiu hiu hidung tajam (Rhizoprionodon lalandii) yang terperangkap dalam jaring nelayan di sebuah pantai di Rio de Janeiro. 13 hiu tersebut dinyatakan positif menggunakan kokain.

Penemuan ini menjadi perhatian serius bagi komunitas ilmiah dan masyarakat luas.

Penelitian yang dilakukan Yayasan Oswaldo Cruz ini menemukan kadar kokain yang sangat tinggi di otot dan hati hiu tersebut. Konsentrasinya mencapai 100 kali lebih tinggi dibandingkan dengan yang pernah ditemukan pada makhluk air lainnya

Dilansir BBC, Sara Novais, seorang ahli ekologi-toksikologi kelautan dari Pusat Ilmu Kelautan dan Lingkungan Universitas Politeknik Leiria, menyatakan kepada majalah Science bahwa temuan ini sangat penting dan berpotensi mengkhawatirkan. 

Para ahli meyakini bahwa kokain masuk ke perairan melalui beberapa cara, salah satunya adalah melalui laboratorium ilegal tempat obat itu diproduksi atau melalui kotoran pengguna narkoba yang dibuang ke laut.

"Paket kokain yang hilang atau dibuang oleh penyelundup di laut juga bisa menjadi sumbernya, meski kecil kemungkinannya," kata para peneliti.

Kemungkinan lain yang dipertimbangkan adalah bungkusan kokain yang hilang atau dibuang oleh penyelundup di laut. Meskipun ini dianggap kemungkinan kecil, namun tetap menjadi faktor yang tidak bisa diabaikan.

Penemuan ini menunjukkan bahwa kokain telah menyebar luas di Brasil dan mempengaruhi ekosistem laut.

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memastikan apakah kokain mengubah perilaku hiu. Namun, penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa narkotika kemungkinan besar memiliki efek yang sama pada hewan seperti halnya pada manusia.

Tahun lalu, senyawa kimia termasuk benzoylecgonine, yang diproduksi oleh hati setelah penggunaan kokain, ditemukan dalam sampel air laut yang dikumpulkan di lepas pantai selatan Inggris.(*)

Tombol Google News

Tags:

Hiu hiu positif kokain ekosistem laut Brasil hiu Brasil Cocaine Shark Rio de Janeiro 13 hiu positif narkoba