Ustad Adi Hidayat: Mengamalkan Istigfar Bisa Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Marno

16 Maret 2024 06:13 16 Mar 2024 06:13

Thumbnail Ustad Adi Hidayat: Mengamalkan Istigfar Bisa Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT Watermark Ketik
Ustad Adi Hidayat saat menyampaikan ceramah agama. (Foto: Tangkapan Layar YouTube Ali Hidayat Official)

Bacaan istigfar merupakan bacaan yang kerapkali dibaca oleh umat muslim untuk memohon ampun dari segala dosa dan kesalahan yang pernah dilakukan. Terutama yang terkait dengan perintah Allah SWT. Dengan membaca istigfar insyaallah akan diampuni semua dosa dosa yang telah diperbuat.

Ustad Ali Hidayat menjelaskan bacaan istigfar merupakan bacaan yang istimewa dan memiliki keutamaan dalam islam. Bacaan ini bisa mendekatkan seorang muslim kepada Allah SWT, terutama jika dibaca pada waktu tahajud hingga sebelum Subuh.

"Dan di waktu sahur, sesaat sebelum fajar, dia banyak beristighfar kepada Allah, minta ampun," ungkap Ustadz Adi Hidayat, dikutip Sabtu (16/3/2024).

"Kalau Allah sayang pada seorang hamba, yang diberikan bukan dunia, tetapi yang diberikan ampunan dari semua dosa yang pernah dikerjakan," imbuhnya.

Lebih lanjut, Ustad Ali Hidayat menambahkan membaca istigfar merupakan kebiasaan Rasulullah yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan Rasulullah sendiri selalu mengamalkan bacaan istigfar mulai dari bangun pagi hingga tertidur di malam hari.

"Ciri dosa diampuni dan sudah tidak ada, maka Allah akan menjaga orang itu dari perbuatan dosa," tambahnya.

Oleh sebab itu, tidak ada salahnya kita juga ikut mengamalkan bacaan istigfar agar dosa dosa kita yang telah lalu diampuni oleh Allah SWT. Dengan selalu mengamalkan istigfar maka kita akan menjadi hamba yang dekat dengan Allah SWT. Jika dosa seorang hamba telah diampuni oleh Allah SWT, maka orang tersebut akan dijaga dari perbuatan dosa. Bahkan turut dijauhkan dari kemaksiatan.

"Allah lebih cinta pelaku maksiat yang tobat dibandingkan orang soleh yang tidak pernah merasa salah," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Ramadan ceramah Ali Hidayat Bacaan Istigfar ampunan Hikmahramadan