Tips Membuat Mobil Matic Lebih Irit Bahan Bakar

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

20 Desember 2023 10:00 20 Des 2023 10:00

Thumbnail Tips Membuat Mobil Matic Lebih Irit Bahan Bakar Watermark Ketik
Ilustrasi transmisi otomatis. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Saat ini mobil dengan transmisi otomatis sudah banyak beredar di pasaran. Mobil ini memiliki kelebihan dimana pemilik tidak perlu menginjak kopling untuk mengganti posisi gigi. Hal ini tentu memudahkan saat berkendara terutama ditengah kemacetan yang biasa terjadi di kota-kota besar.

Akan tetapi dibalik kemudahan tersebut ada harga yang harus dibayar oleh para pemilik mobil bertransmisi otomatis. Selain harga dan perawatannya yang lebih mahal dan rumit, mobil matic juga dikenal boros bahan bakar.

Akan tetapi jika dirawat dengan tepat komsumsi bahan bakar pada mobil matic dapat dibuat lebih irit. Berikut ini adalah tips cara membuat mobil matic lebih hemat bahan bakar, simak ulasannya.

1. Injak Pedal Gas Secara Konsisten

Saat mengendarai mobil matic ada baiknya pengendara dapat menjaga mobil dalam kecepatan yang konstan. Hindari menginjak pedal gas secara dalam untuk menambah kecepatan. Hal ini justru akan membuat konsumsi bahan bakar anda semakin boros.

Dengan menginjak pedal gas secara konstan sembari membiarkan kecepatan bertambah secara bertahap. Akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit.

2. Perhatikan Muatan Mobil

Hal ini rasanya sudah banyak yang tau, dimana muatan yang besar akan membuat mobil matic semakin boros. Ada baiknya sebelum berkendara kamu menurunkan beberapa barang yang dirasa tidak begitu perlu. Dengan beban yang lebih ringan konsumsi bahan bakar juga pasti lebih hemat.

3. Pertahankan Putaran Mesin

Salah satu cara mudah untuk memastikan kamu menginjak pedal gas dengan stabil adalah memerhatikan jarum atau petunjuk rotasi per menit (RPM) yang ada di speedometer.

RPM menunjukkan seberapa berat mesin bekerja, hal ini sejalan dengan konsumsi bahan bakar. Dengan RPM yang tinggi sudah pasti konsumsi bahan bakar juga tinggi, hal ini pun juga berlaku sebaliknya. 

Oleh sebab itu saat mengendarai mobil matic usahakan mempertahankan putaran mesin di 2.000-2.500 RPM. Dengan begini maka konsumsi bahan bakar akan lebih irit.

4. Ganti Gigi ke Posisi Netral Saat Berhenti Lama

Mobil matic memiliki tipikal mesin yang akan berjalan sendiri dengan kecepatan rendah saat pedal gas tidak di injak. Hal inilah yang menyebabkan konsumsi bahan bakarnya menjadi lebih boros. Alih-alih menginjak pedal rem, saat berhenti ada baiknya kamu mengganti gigi ke posisi netral. Posisikan mobil di gigi netral agar mesin tidak terus mengajak mobil melaju.

5. Jangan Terlalu Sering Mengerem

Dalam mengendarai mobil matic ada baiknya kamu berusaha menjaga kecepatan agar tidak terlalu sering menginjak rem. Hal ini karena terkadang saat berjalan dengan kecepatan kencang sering kali kita harus berhenti mendadak, hal ini membuat tenaga yang telah dikeluarkan menjadi sia-sia.

Sebaiknya biasakan diri untuk menjaga kecepatan mobil sehingga tidak melakukan pengereman sesaat setelah menginjak gas.(*)

Tombol Google News

Tags:

otomotif mobil matic Transmisi Bahan Bakar RPM