Tips Membeli Mobil Bekas untuk Liburan Natal dan Tahun Baru, Awas Salah Pilih!

Jurnalis: M. Rifat
Editor: Mustopa

16 Desember 2023 03:59 16 Des 2023 03:59

Thumbnail Tips Membeli Mobil Bekas untuk Liburan Natal dan Tahun Baru, Awas Salah Pilih! Watermark Ketik
Salah satu toko mobil bekas di Jombang, Jawa Timur (13/12/2023). (Foto: Rifat/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Momen liburan Natal dan tahun baru sudah di depan mata. Sebagian keluarga berencana berlibur menggunakan mobil pribadi. Membeli mobil bekas bisa jadi pilihan alternatif bagi anda dan keluarga.

Selain harganya yang lebih murah, membeli mobil bekas juga menjadi solusi berpergian di momen Nataru karena tidak perlu menunggu surat-surat dari kepolisian terbit.

Mobil bekas juga tersedia dengan beragam jenis, mulai dari MVP hingga SUV. Harganya bervariatif. Di kisaran Rp100 jutaan masih banyak ditemukan mobil bekas yang tahun keluarannya tak begitu uzur. SUV dan MVP banyak dipakai masyarakat karena cocok untuk bepergian dengan keluarga.

Dari pantauan beberapa Marketplace Desember ini, harga mobil MVP jenis Toyota Avanza produksi 2012-2019 masih berkisar Rp100 hingga Rp150 jutaan. Daihatsu Xenia produksi 2013 hingga 2017 dibanderol mulai Rp103 sampai Rp140 jutaan. Sementara Suzuki Ertiga produksi 2012-2018 ada di rentang harga Rp122 juta - Rp147 juta.

Untuk mobil SUV tiga baris ada Toyota Rush 2011-2016 yang dijual mulai Rp120 juta - Rp150 juta. Lalu kembaran Rush, Daihatsu Terios 2013-2018 harganya mulai Rp133 juta.

Namun, membeli mobil bekas juga harus teliti. Berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli mobil bekas.

1. Kondisi mobil
Selalu periksa kondisi mobil secara detail sebelum membeli. Inspeksi kondisi mobil bisa dilakukan sendiri atau bersama mekanik.

2. Riwayat perawatan
Periksalah riwayat perawatan mobil dan selalu cek bahwa mobil tersebut telah dirawat dengan baik.

3. Kilometer
Jangan sampai dibohongi. Anda harus teliti ketika memeriksa kilometer mobil. Kilometer tersebut harus sesuai dengan usia mobil.

4. Harga
Pastikan bahwa harga yang ditawarkan sesuai dengan kondisi dan spesifikasi mobil. Jangan tergiur dengan harga yang sangat murah karena bisa saja terjadi masalah dengan mobil tersebut.

5. Dokumen
Jangan membeli mobil bekas yang tidak memiliki dokumen lengkap, seperti BPKB, STNK, dan lain-lain.

6. Test drive
Jika memungkinkan, lakukan test drive sebelum membeli mobil. Test drive akan membantu untuk mengetahui bagaimana kondisi mobil saat ini dan memastikan bahwa mobil tersebut sesuai dengan kebutuhan.

Setelah mempertimbangkan faktor-faktor tersebut, jika memutuskan untuk membeli mobil di showroom resmi atau milik pribadi, cek juga proses transaksinya aman atau tidak. Selamat liburan. (*)

Tombol Google News

Tags:

mobil bekas liburan Natal Tahun baru MVP