Tegaskan Statusnya sebagai Orang Asli Papua, Petrus Kasihiw: Jangan Dipertanyakan

Jurnalis: Muhamad Zaid Kilwo
Editor: Mustopa

5 September 2024 04:45 5 Sep 2024 04:45

Thumbnail Tegaskan Statusnya sebagai Orang Asli Papua, Petrus Kasihiw: Jangan Dipertanyakan Watermark Ketik
Calon Wakil Gubernur Papua Barat Daya Petrus Kasihiw saat ditemui oleh awak media di Hotel Belagri Sorong. ( Foto: Zaid Kilwo/Ketik.co.id)

KETIK, SORONG – Petrus Kasihiw merupakan calon wakil gubernur Papua Barat Daya yang berpasangan dengan Abdul Faris Umlati. Ia menegaskan sudah siap 100 persen untuk bertarung di Pilkada 2024.

Ketua DPW Partai Nasdem Papua Barat Daya itu mengatakan, semua persyaratan terkait dengan pemenuhannya sebagai orang asli Papua telah diberikan kepada KPU maupun Majelis Rakyat Papua Barat Daya (MRPPBD).

"Jadi soal status keaslian saya sebagai orang asli Papua tidak perlu dipertanyakan lagi, hari ini MRPPBD sudah melakukan verifikasi, kita tunggu saja keputusan dari MRPPBD," ungkap Petrus Kasihiw pada awak media, Kamis, 5 September 2024.

Dalam persyaratan pencalonannya, ia sudah menyampaikan surat pernyataan dari marga Trorba, surat rekomendasi hingga surat pernyataan dari suku besar Kuri maupun tujuh suku besar lainnya yang berada di Kabupaten Teluk Bintuni dan surat pernyataan dari dewan adat setempat.

"Semua itu sudah diserahkan sebagai persyaratan dan pernyataan keaslian saya sebagai orang asli Papua, kita tunggu saja keputusan Majelis Rakyat Papua Barat Daya nantinya," ungkap Petrus Kasihiw.

Petrus Kasihiw megungkapkan bahwa ibu kandungnya merupakan orang asli kabupaten Teluk Bintuni dari Suku Kuri yang bermarga Trorba. Meskipun dengan garis keturunan matrilineal dari ibunya, namun hal itu diakui keabsahannya sebagai orang asli Papua oleh UU Otsus.

"Kan dalam UU Otsus semuanya sudah diatur dan sudah sangat jelas, di mana keaslian saya sebagai orang asli Papua adalah dari pihak ibu saya," terang Petrus Kasihiw.

Calon Wakil Gubernur Papua Barat Daya itu berharap kepada seluruh warga masyarakat agar saling menghormati perbedaan sehingga Pilkada di Provinsi Papua Barat Daya dapat berjalan dengan aman dan damai.(*)

Tombol Google News

Tags:

Petrus Kasihiw Nyatakan Kesiapannya Maju Sebagai Calon Wagub Papua Barat Daya