Tak Hanya di Laut, Kapal Selam Juga Ada di Piringnya Orang Palembang

Jurnalis: Al Ahmadi
Editor: M. Rifat

12 Agustus 2024 04:29 12 Agt 2024 04:29

Thumbnail Tak Hanya di Laut, Kapal Selam Juga Ada di Piringnya Orang Palembang Watermark Ketik
Dea Puspitasari (20), tengah menyuguhkan menu andalannya, yakni 'Pempek Kapal Selam khas Palembang. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)

KETIK, PALEMBANG – Selain ada beragam yang membuat, hasil buah tangan chef hingga tukang gerobak keliling, Pempek yang merupakan makanan khas Palembang ternyata punya banyak variasi.

Salah satu varian yang wajib dicoba oleh para penggemar adalah 'Pempek Kapal Selam'.

Varian pempek ini unik, dengan ukuran yang besar dan isian telur ayam utuh di dalamnya menambahkan kenikmatan saat menyantap.

Adonan pempek kenyal dan gurih berpadu sempurna dengan kelezatan telur, menciptakan sensasi rasa yang tak terlupakan.

Disajikan dengan kuah cuko yang pedas manis, Pempek Kapal Selam menjadi hidangan yang memanjakan lidah.

"Kami pakai ikan gabus. Ini aromanya lebih soft, tidak begitu amis," kata karyawan Pempek Pak Raden, Dea Puspitasari (20) di Jalan Jendral Sudirman Nomor 23, Kecamatan Ilir, Kota Palembang, Sumatera Selatan, Minggu (11/8/2024).

Foto Pempek Kapal Selam yang disuguhkan di meja makan. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)Pempek Kapal Selam yang disuguhkan di meja makan. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)

Tak hanya lezat, Pempek Kapal Selam juga memiliki nilai historis yang menarik.

Bukan karena yang bikin prajurit angkatan laut. Konon katanya, nama "Kapal Selam" ini terinspirasi dari bentuk pempek jumbo dan tenggelam saat proses pembuatannya.

Bak kapal selam yang tengah mengintai musuh di bawah permukaan air.

"Saat awal perebusan, pempek ini seolah tenggelam ke dasar air, kemudian lama-kelamaan adonannya akan memadat dan matang sehingga muncul ke permukaan air rebusan. Proses tenggelam dan mengapung ini memang mirip cara kerja kapal selam saat beroperasi," ungkapnya kepada Ketik.co.id.

Bagi para wisatawan yang berkunjung ke Palembang, mencicipi Pempek Kapal Selam, hukumnya adalah wajib.

Hidangan ini dapat berjibun di berbagai tempat di Palembang, mulai dari berwujud restoran mewah hingga warung kaki lima.

Untuk harga Pempek Kapal Selam di Palembang dibanderol kisaran Rp25-40 ribu. Sementara yang lain, seperti Pempek lenjer hanya seharga Rp5-15 ribu.

Selain Pempek Kapal Selam, Palembang juga menawarkan beragam varian khas lainnya yang patut dicoba, seperti Pempek Lenjer, Pempek Campur, Pempek Kapal Induk, Mie Celor, hingga Tekwan. 

"Kalau pelanggan, paling favorit itu ya pempek kapal selam. Karena porsinya mungkin lebih memuaskan," tandasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Palembang Pempek di Palembang