Riska Heri, Runner Up 1 Duta Budaya Indonesia 2023 Gaungkan Advokasi 'Akbar'

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: M. Rifat

20 Januari 2024 05:05 20 Jan 2024 05:05

Thumbnail Riska Heri, Runner Up 1 Duta Budaya Indonesia 2023 Gaungkan Advokasi 'Akbar' Watermark Ketik
Riska Heri, RU 1 Duta Budaya Indonesia 2023 (Foto: Wandi Ruswannur/ketik.co.id)

KETIK, SOPPENG – Runner Up 1 Duta Budaya Indonesia 2023, Riska Heri, akrab dengan panggilan Riri, gadis cantik kelahiran Kabupaten Soppeng Sulawesi Selatan, 15 Juli 2000, menggaungkan kegiatan dengan nama advokasi 'Akbar'.

Pemilik akun media sosial Instagram @ririi.hr mengatakan telah menjalankan advokasi aksi budaya revolusi atau disingkat 'Akbar'. Kegiatan ini mengunjungi tempat budaya bersama teman-teman untuk mengenal lebih dalam keunikan yang ada di daerah Sulawesi Selatan.

"Hingga saat ini, saya telah berkunjung ke beberapa tempat budaya yang ada di Kabupaten Soppeng seperti Villa Yuliana, Bola Ridie, Lamungpatue, rumah adat Saomario dan Museum Ilagaligo yang ada di Makassar," kata Riri kepada media online nasional Ketik.co.id, Sabtu (20/01/2024).

Selain itu, Riri yang bekerja sebagai wiraswasta ini menyampaikan, masyarakat tentunya perlu mengetahui budaya yang ada di Indonesia, salah satunya di Provinsi Sulawesi Selatan.

"Banyak sekali budaya yang kita miliki namun jarang diketahui, bukan karena budayanya yang kurang menarik, namun karena kita yang kurang peduli," ungkapnya.

Perempuan yang menempuh pendidikan S1 manajemen dan hobi Badminton ini menyatakan, salah satu budaya yang ada di Sulawesi Selatan, yakni aksara Lontara. Sekarang tak jarang ditemui generasi muda yang kurang mengenal, mengerti, serta kurang mampu berkomunikasi menggunakan bahasa aksara Bugis tersebut.

"Dahulu Suku Bugis di Makassar menggunakan aksara Lontara untuk berkomunikasi dan menulis tata aturan pemerintah dan kemasyarakatan. Sesuai dengan namanya, aksara ini ditulis di daun lontar menggunakan lidi atau kalam yang terbuat dari ijuk kasar. Aksara Lontara terdiri dari 23 huruf konsonan dan mempunyai 6 huruf vokal," beber Dia.

Secara khusus, dirinya sangat berharap ke depannya, semoga budaya tanah air tetap eksis dan tetap terjaga, karena menurutnya ini semua adalah tanggung jawab bersama bukan perorangan.

"Bukan hanya pemuda, namun ini berlaku untuk seluruh lapisan masyarakat. Ayo kita peduli budaya, mari berkolaborasi untuk budaya tetap lestari. Salamaki na to pada salama," tandasnya menutup penyampaian.

Sebagai tambahan informasi, adapun prestasi dan pengalaman yang pernah diraih oleh Riri, yaitu:
1. RU 1 Duta Budaya Indonesia 2023 
2. Duta Budaya Kabupaten Soppeng 2023 
3. Ketua Komisariat Universitas Lamappapoleonro di organisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) periode 2022 - sekarang. (*)

Tombol Google News

Tags:

Riska Heri RU 1 Duta Budaya Indonesia 2023 Cantik mahasiswi Advokasi 'Akbar'