Q & A Eksklusif KETIK bersama Pembalap Mario Aji Jelang Tampil Perdana di Moto2 GP 2024

Oleh: Kiagus Firdaus

28 Februari 2024 16:16 28 Feb 2024 16:16

Thumbnail Q & A Eksklusif KETIK bersama Pembalap Mario Aji Jelang Tampil Perdana di Moto2 GP 2024 Watermark Ketik
Pembalap Moto2 GP Honda Team Asia dari Indonesia Mario Suryo Aji. (Foto: Dok. Ketik.co.id)

KETIK, JAKARTA – Pembalap Indonesia Mario Aji di musim 2024 masih menjadi satu-satunya rider kebanggaan tanah air yang tampil di ajang balap paling bergengsi dunia yakni Grand Prix (MotoGP, Moto2, Moto3).

Dia akan menjalani 21 balapan di 18 negara semusim penuh dimulai dari GP Qatar 10 Maret mendatang.

Setelah dua tahun terakhir tampil apik di kelas Moto3, tahun ini pembalap 19 tahun asal Magetan, Jawa Timur itu naik kelas ke Moto2.

Di sela kesibukannya turun di Privat Test terakhir Moto2 di sirkuit Jerez, Spanyol selama tiga hari mulai Rabu (28/2/2024) ) hingga Jumat (1/3/2024), pembalap yang punya nama lengkap Mario Suryo Aji itu menyempatkan waktu wawancara eksklusif dengan Ketik.co.id via daring. Berikut laporannya.

Tanya: Hal apa yang paling membuatmu belum merasa klik dengan motor Moto2 yang kamu kendarai saat ini?

Jawab: Mario sudah mulai merasakan klik-nya. Dalam tes pertama di Jerez sebelumnya (19/2/2024), Mario berhasil menyelesaikan 95 lap.

Dengan waktu yang konsisten. Jadi dengan motor saat ini, Mario sudah mulai nyaman, mulai klik, tapi Mario masih mencari tahu, bagaimana caranya bisa lebih kencang lagi.

Tanya: Bagaimana hubunganmu dengan kru baru di Moto2? Ada kendala?

Jawab: Dengan kru baru di Moto2, kami baik-baik saja. Tidak ada kendala. Justru, dengan adanya chief mekanik yang sudah berpengalaman bertahun-tahun di MotoGP, Mario jadi lebih percaya diri dengan settingan terbaik yang diberikan.

Program sistem yang diberikan selama tes juga lebih profesional. Karena mereka tahu Mario belajar, jadi di awal Mario tidak diberikan settingan terbaik dulu. Karena di awal yang Mario butuhkan masih penyesuaian dengan motor dan penyesuaian dengan riding style.

Jadi dengan kru baru di Moto2 Mario jadi lebih percaya diri dan optimis. Mario yakin, dengan mereka Mario bisa berkembang lebih baik lagi.

Tanya: Apa targetmu untuk musim Moto2 perdanamu tahun ini? Apa ada target khusus dari tim?

Jawab: Target Mario ingin konsisten di zona poin. Itu target dari inisiatif Mario sendiri. Syukur-syukur Mario bisa fight di depan di beberapa balapan sama Somkiat (Chantra, rekan setim, red).

Tapi itu bukan preference utama, karena dia sudah pembalap reguler di kelas ini. Sudah enam tahun di Moto2.

Tidak ada target dari tim. Mereka hanya meminta Mario untuk terus berkembang dan belajar setiap tahunnya.

Tanya: Di tes terakhir jerez selama tiga hari (28 Februari s/d 1 Maret 2024, red), hal apa yang masih ingin kamu perbaiki?

Jawab: Tes selama tiga hari di Jerez, tentunya Mario ingin memperbanyak lap dan memperbaiki kecepatan di setiap lap. Tentu tim juga memberi instruksi untuk memutar sebanyak mungkin.

Saat ini, chief mekanik memberi instruksi Mario hanya riding sebisa yang Mario lakukan. Karena Mario sekarang memang perlu waktu untuk beradaptasi di atas motor. Dan Mario juga harus mencari reedem serta gaya balap di setiap lapnya.

Jadi tim dan chief mekanik tidak memberi tekanan apapun. Mereka mengerti Mario masih harus banyak belajar. Tapi untuk tiga hari ini Mario ingin bersaing dan memperbaiki lap time.

Apalagi Mario sudah lebih matang di Jerez. Karena kami sempat seharian tes privat di sini (19/2/2024) tanpa tim lain. Jadi Mario akan berusaha mencari celah terbaik di setiap lapnya untuk sirkuit ini.

Dukungan Penuh untuk Mario Aji

Mario Aji di Moto2 GP musim 2024 ini didukung penuh oleh Pemerintah Indonesia melalui BUMN, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI sebagai sponsor utama.

Dia juga didukung penuh oleh Mabes Polri, di bawah Bapak Asuh Mario Aji, Komjen Pol Fadil Imran (Kabaharkam Polri).

Selanjutnya Mario Aji juga didukung oleh brand kosmetik terkenal di Indonesia yakni Scarlett. 

Pembalap dengan julukan Super Mario itu juga didukung penuh oleh Kapal Api, perusahaan kopi terbesar dan terkenal di Indonesia, yang berasal dari Jawa Timur.

Selain itu, Media online nasional Ketik.co.id juga menjadi media partner Mario Aji. (*)

Tombol Google News

Tags:

Mario Aji Moto2 Moto2 GP BRI Mabes Polri Scarlett Kapal Api Arai Komjen Pol Fadil Imran