PKKMABA Universitas Brawijaya Dimulai, Bakal Cetak Rekor Muri

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Mustopa

14 Agustus 2023 07:54 14 Agt 2023 07:54

Thumbnail PKKMABA Universitas Brawijaya Dimulai, Bakal Cetak Rekor Muri Watermark Ketik
Ribuan mahasiswa baru si Gedung Samantha Krida UB untuk pelaksanaan PKKMABA hari pertama (foto: Lutfia/ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Suguhan menarik akan kembali dihadirkan pada kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMABA) Universitas Brawijaya (UB). Pada saat Open House nanti, PKKMABA mencoba meraih rekor MURI dengan menuliskan 15.000 esai garapan mahasiswa baru.

Esai-esai tersebut membahas mengenai lima indikator dalam Indeks Pembangunan Pemuda (IPP). Ketua Pelaksana PKKMABA, Miftakhul Cahyati menjelaskan pemecahan rekor tersebut diiringi dengan penampilan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di UB.

"Ada 54 UKM yang akan kami kenalkan kepada mahasiswa baru. Di sini nanti juga ada pemecahan Rekor Muri 15.000 esai tentang IPP," jelasnya pada Senin (14/8/2023).

Kegiatan PKKMABA sendiri berlangsung selama enam hari, mulai 14-16 Agustus 2023 untuk tingkat universitas dan tanggal 18-20 Agustus 2023 di tingkat fakultas. Kegiatan berlanjut pada 26-27 Agustus 2023 untuk pelaksanaan Open House. Pada saat itu lah pemecahan Rekor Muri dilaksanakan.

Foto Mahasiswa Baru UB mengikuti pelaksanaan PKKMABA 2023 (Foto: lutfia/ketik.co.id)Mahasiswa Baru UB mengikuti pelaksanaan PKKMABA 2023 (Foto: lutfia/ketik.co.id)

Sementara itu, di hari pertama PKKMABA ini diikuti oleh 15.488 mahasiswa baru dari berbagai daerah di Indonesia. Rektor Universitas Brawijaya, Prof. Widodo berharap semua mahasiswa dapat memiliki karakter Brawijaya.

"Mahasiswa UB punya karakter Brawijaya. Intinya kita ingin membekali mahasiswa memiliki karakter nasionalis, religius, setia kawan, memahami Bhineka Tunggal Ika, keberagaman, inklusif, dan juga berwawasan global," sebutnya.

Ia juga menekankan supaya mahasiswa turut berkontribusi dalam pengembangan green campus. Dengan harapan para mahasiswa dapat menginspirasi generasi muda akan pentingnya advokasi lingkungan.

"Kita memberikan inspirasi ke young generation bahwa lifestyle sudah berubah dengan lebih mengedepankan advokasi lingkungan. Tidak hanya di lingkungan kita tinggal tapi yang bukan tempat kita tinggal juga harus dilindungi. Agar kehidupan dunia dan orang-orang di luar sana ikut menikmati," tuturnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

PKKMABA Universitas Brawijaya Orientasi Mahasiswa Rekor MURI Raja Brawijaya