Pesawat Qatar Airways Alami Turbulensi Hebat, 12 Orang Terluka

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Mustopa

27 Mei 2024 07:59 27 Mei 2024 07:59

Thumbnail Pesawat Qatar Airways Alami Turbulensi Hebat, 12 Orang Terluka Watermark Ketik
Qatar Airways. (Foto: Flickr)

KETIK, JAKARTA – Qatar Airways yang terbang dari Doha ke Irlandia dan Dublin mengalami turbulensi dan mengakibatkan 12 orang terluka pada Minggu, (26/5/2024).

Mengutip Reuters, manajemen Bandara Dublin menyatakan pesawat dengan nomor penerbangan QR017 itu berhasil mendarat dengan selamat sesuai yang dijadwalkan.

Pesawat jenis Boeing 787 Dreamliner itu mendarat di Bandara Dublin sekitar pukul 13.00 waktu setempat.

"Saat mendarat, pesawat langsung disambut unit-unit layanan darurat, termasuk polisi bandara dan departemen pemadam kebakaran serta penyelamatan kami," demikian pernyataan resmi Bandara Dublin.

"6 penumpang dan 6 awak di dalamnya dilaporkan cedera setelah pesawat mengalami turbulensi saat mengudara di atas Turki," demikian kelanjutan keterangan tersebut.

Kronologi

Pesawat Qatar QR17 sebenarnya berangkat dari Doha pada pukul 08.06 waktu setempat. Pesawat Boeing 787-9 Dreamliner itu melanjutkan perjalanan ke barat laut menuju Dublin.

Namun, saat masih berada di langit Turki, pesawat tiba-tiba mengalami turbulensi hebat. Dari data ketinggian, FlightRadar24 sempat menunjukkan pesawat Qatar Airways QR17 turun 275 kaki dengan kecepatan 21.888 fpm.

Namun pesawat berhasil mendarat dengan selamat di Bandara Irlandia tanpa insiden lebih lanjut pada pukul 12.59 waktu setempat. Tak ada turbulensi atau insiden lain yang terjadi setelahnya.

"Penerbangan Qatar Airways QR107 dari Doha mendarat dengan selamat sesuai jadwal di Bandara Dublin sesaat sebelum pukul 13.00 pada hari Minggu," tulis otoritas bandara Dublin.

Saat mendarat, pesawat itu langsung mendapatkan layanan darurat, termasuk polisi bandara dan departemen pemadam kebakaran dan penyelamatan. Korban luka dilaporkan sudah mendapat penanganan tim medis. (*)

Tombol Google News

Tags:

Qatar Airways Qatar Airways turbulensi manejemen bandara Dublin Pesawat Boeint 787 Dreamliner pesawat qatar