Permudah Migrasi Perangkat, WhatsApp Akan Hadirkan Fitur Transfer Data Via QR

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

18 Juni 2024 23:50 18 Jun 2024 23:50

Thumbnail Permudah Migrasi Perangkat, WhatsApp Akan Hadirkan Fitur Transfer Data Via QR Watermark Ketik
Ilustrasi WhatsApp. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Kabar gembira datang dari aplikasi chatting besutan Meta, WhatsApp. Dikabarkan WhatsApp akan menghadirkan fitur baru yang selama ini banyak ditunggu oleh para penggunanya, yakni transisi riwayat obrolan antar perangkat.

Saat ini Meta masih melakukan pengujian terhadap fitur tersebut pada versi Beta. Fitur ini sendiri sangat berguna bagi para user jika ingin berganti perangkat. Mereka bisa mentransfer data riwayat obrolan hanya dengan menggunakan kode QR, dan tanpa harus menggunakan kabel.

Sebelumnya WhatsApp sudah memiliki fitur back up pesan dengan menggunakan layanan penyimpanan cloud, akan tetapi kelemahan daei fitur ini adalah jika penggunaan melakukan migrasi dari dua operating system (OS) yang berbeda tentu langkahnya akan cukup merepotkan.

Dilansir Gizchina, fitur transfer riwayat obrolan baru memperkenalkan pendekatan baru: migrasi berbasis kode QR. Berikut ini cara kerjanya yang bisa dibilang cukup mudah.

Di Perangkat Lama: 

• Akses menu pengaturan WhatsApp. 

• Navigasikan ke bagian "Obrolan" dan pilih "Transfer Obrolan". 

• Dengan asumsi fitur tersebut aktif untuk akun Anda, Anda akan melihat opsi "Transfer Obrolan Anda". Ketuk di atasnya. 

• Kode QR unik akan dibuat di layar Anda, merangkum riwayat obrolan Anda. 

Di Perangkat Baru: 

• Ikuti jalur yang sama dalam pengaturan WhatsApp: Pengaturan > Obrolan > Transfer Obrolan. 

• Pilih "Pindai Kode QR" dan gunakan kamera perangkat baru Anda untuk memindai kode yang ditampilkan di perangkat lama Anda. 

Proses Pemindahan:  

• Setelah kode QR berhasil di-scan, teknologi Wi-Fi Direct akan memfasilitasi transfer riwayat obrolan Anda secara aman dan lokal dari perangkat lama ke perangkat baru. Hal ini menghilangkan kebutuhan akan konektivitas internet selama migrasi, memastikan privasi dan kemungkinan kecepatan transfer lebih cepat.(*)

Tombol Google News

Tags:

teknologi Meta whatsapp Fitur baru Transfer data Kode QR