Perbedaan Warna Pintu Masuk Masjid Nabawi, Ini Maknanya

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Mustopa

27 Mei 2024 06:12 27 Mei 2024 06:12

Thumbnail Perbedaan Warna Pintu Masuk Masjid Nabawi, Ini Maknanya Watermark Ketik
Masjid Nabawi. (Foto: Muhammad Imran Meo)

KETIK, SURABAYA – Masjid Nabawi adalah salah satu masjid paling penting dalam Islam, berlokasi di kota Madinah, Arab Saudi. Tidak hanya sebagai tempat ibadah, tetapi juga simbol persatuan umat Islam dan warisan sejarah Islam yang kaya.

Saat ini, Masjid Nabawi dapat menampung lebih dari satu juta jemaah pada saat yang bersamaan, terutama selama musim haji dan bulan Ramadan.

Dalam menjaga ketertiban dan keteraturan di dalam Masjid Nabawi, terdapat 69 gate dengan warna yang berbeda-beda.

Warna-warna ini tidak hanya mempercantik masjid, tetapi juga memudahkan jemaah mengakses tempat yang ingin dituju pada area Masjid Nabawi yang luas.

Pada zaman dahulu, penomoran gate hanya berupa 1-2 digit. Namun, saat ini sudah diubah menjadi 3 digit yang dimulai dari angka 301 sampai dengan 369 dengan warna yang berbeda.

Jemaah harus mengetahui makna dari warna setiap pintu Masjid Nabawi, setiap warna memiliki tujuan masing-masing. Berikut penjelasannya.

1. Gate warna ungu (309)

Gate tersebut terletak di arah timur laut dengan posisi di sebelah kanan hadapan imam, gate ini merupakan pintu yang dekat dengan Masjid Ghammah dan Masjid Abu Bakar.

2. Gate Warna Orange (310-326)

Gate ini terletak di sisi selatan area Markizah, gate ini mengarah pada Pasar Bilal dan Taman Saqifah bani Saidah.

3. Gate warna merah (328-338)

Gate tersebut terletak di sisi selatan area Markaziyah, gate ini mengarahkan pada pertokoan, pusat perbelanjaan dan perhotelan yang sebagian besar diinapi jemaah asal Indonesia.

4. Gate warna biru (340-364)

Gate ini terletak di sisi barat, berdekatan dengan area kompleks Pemakaman Baqi yang dikenal dengan Jannatul Baqi atau Baqi' al-Ghargad, yang dapat dikunjungi jemaah berziarah ke makam Nabi Muhammad dan para sahabat.

5. Gate Warna Hijau (301-308, 365- 369)

Gate tersebut terletak di sisi utara dengan posisi berdekatan dengan makam Rasulullah SAW. (*)

Tombol Google News

Tags:

Warna gate Masjid Nabawi gate Masjid Nabawi gate warna ungu gate warna merah gate warna orange gate warna hijau jemaah haji