Perbaiki Waktu Tidur Pengguna, YouTube Uji Coba Fitur Sleep Timer

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

13 Agustus 2024 03:30 13 Agt 2024 03:30

Thumbnail Perbaiki Waktu Tidur Pengguna, YouTube Uji Coba Fitur Sleep Timer Watermark Ketik
YouTube sedang uji coba fitur Sleep timer. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Platform streaming video besutan Google, YouTube mulai menguji fitur baru bernama "Sleep Timer" untuk para pengguna premium. Selama masa uji coba fitur ini akan tersedia hingga 2 September 2024.

Jika uji coba fitur ini berhasil tidak menutup kemungkinan ketersediaannya akan diperluas ke lebih banyak pengguna, bahkan pengguna yang tidak berlangganan. 

Fitur sleep timer sendiri merupakan fitur untuk membantu pengguna saat menonton video. Jika pengguna pengguna tertidur maka video akan berhenti berputar. Ketersediaan fitur dilandasi dari banyaknya pengguna yang mengaktifkan "Autoplay" dan berakhir ketiduran ketika mengakses YouTube, yang kemudian saat terbangun mendapati banyak video acak yang telah terputar di daftar riwayat aktivitasnya.

Bagi anda yang ingin mengaktifkan fitur ini, harus berlangganan YouTube premium terlebih dahulu, kemudian dapat mengecek langsung melalui opsi "Setelan" atau "Settings". Lalu pilih "Try experimental new features".

Setelah pengguna memilih untuk mencoba fitur ini, nantinya ketika membuka YouTube melalui ponsel atau aplikasi di website, pengguna bisa memanfaatkannya setelah video terputar.

Pilih opsi "Settings" dan setelahnya pilih lagi "Additional settings", dari situ pengguna bisa mengaktifkan "Sleep Timer" untuk mengatur interval video yang diputar berhenti.

Apabila berhasil, maka fitur ini dapat melengkapi fitur pengingat tidur atau "Bed Timer Reminder" yang sebelumnya sudah ada di YouTube. Diharaokan dengan hadirnya fitur ini dapat lebih mudah mengatur waktu istirahat dan lebih bijak menggunakan gawai.(*)

Tombol Google News

Tags:

Google Youtube Waktu Tidur istirahat Sleep Timer Video Pengguna