Pengendara Roda Dua Harus Tahu! Ini Beberapa Penyebab Motor Susah Dihidupkan

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

12 Maret 2024 19:05 12 Mar 2024 19:05

Thumbnail Pengendara Roda Dua Harus Tahu! Ini Beberapa Penyebab Motor Susah Dihidupkan Watermark Ketik
Aki motor. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, JAKARTA – Pernahkah anda mengalami motor yang susah dinyalakan padahal aki baru saja diganti. Hal ini tentu saja cukup merepotkan dan menghambat anda dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Namun jangan panik, ada banyak penyebab kenapa motor susah dihidupkan. Penyebab tersebut merupakan musuh tersembunyi yang ada di balik mesin motor.

Dilansir dari laman resmi Suzuki, berikut ini kami ulas beberapa penyebab motor susah dihidupkan, mungkin salah satunya anda alami.

1. Terjadi korsleting

Walaupun telah mengganti aki ada baiknya anda mengecek bagian kabel yang bertugas menyalurkan energi listrik. Sistem kelistrikan bermasalah dapat disebabkan dari kabel yang mengalami korsleting atau longgar. Oleh sebab itu periksa dan pastikan semua kabel terhubung dengan baik.

2. Kontak starter buruk

Kontak starter yang kotor atau aus dapat mengganggu aliran listrik ke starter. Bersihkan atau ganti kontak starter untuk memastikan aliran listrik yang lancar.

3. Aki bermasalah

Walaupun baru saja mengganti aki, bukan berarti aki baru tidak memiliki masalah. aki bisa saja memiliki cacat pabrik atau tidak sesuai dengan spesifikasi motor. Periksa aki dengan alat pengujian dan pastikan aki yang terpasang sesuai kebutuhan motor.

4. Dinamo starter rusak

Jangan lupa untuk memeriksa kondisi dinamo starter di motor. Bisa jadi terdapat arang kumparan yang gosong atau brush yang salah posisi. Perbaiki atau ganti dinamo starter jika diperlukan.

5. Sistem pengapian bermasalah

Sistem pengapian seperti busi bisa saja mengalami masalah seperti kotor. Hal ini dapat menyebabkan campuran bahan bahan bakar dan udara tidak bisa dibakar dengan sempurna. Periksa dan ganti busi jika diperlukan.

6. Sekring terputus

Sekring yang terputus menandakan adanya gangguan atau kelebihan arus pada sistem kelistrikan. Periksa dan ganti sekring yang terputus untuk mengatasi masalah ini.(*)

Tombol Google News

Tags:

Motor Aki kelistrikan busi dinamo susah dihidupkan otomotif