Merdeka! Pangkas 12 Jam Perjalanan, Kini Jambi-Kerinci Bisa Ditempuh Hanya 1 Jam

Jurnalis: Mustopa
Editor: Muhammad Faizin

19 Desember 2023 11:44 19 Des 2023 11:44

Thumbnail Merdeka! Pangkas 12 Jam Perjalanan, Kini Jambi-Kerinci Bisa Ditempuh Hanya 1 Jam Watermark Ketik
Ilustrasi penerbangan perintis oleh maskapai Susi Air (Foto: Instagram @susiairofficial)

KETIK, JAMBI – Rute pernerbangan Jambi-Kerinci akan kembali beroperasi pada tahun 2024. Rencana ini tentu menjadi kabar baik bagi warga Sumatra maupun para wisatawan yang akan melakukan perjalanan ke wilayah tersebut.

Pengoperasian rute Jambi-Kerinci akan dimulai pada awal tahun depan dengan menggunakan maskapai Susi Air. Pesawat akan terbang dari Bandara Sultan Thaha Jambi menuju Lapangan Terbang Depati Parbo di Kerinci.

"Insyaallah di awal tahun 2024 kita akan menyaksikan kembali penerbangan langsung dari Kota Jambi menuju Kerinci. Pihak Susi Air telah mengonfirmasi akan membuka rute ke Kerinci," kata EGM Bandara Sultan Thaha, Siswanto dikutip Selasa (19/12/2023).

Dengan pengoperasian rute Jambi-Kerinci, maka perjalanan kedua wilayah tersebut bisa ditempuh selama kurang lebih satu jam. Padahal, sebelumnya membutuhkan waktu sekitar 12 jam menggunakan jalur darat.

Rute Jambi-Kerinci ini diharapkan bisa terus berkembang meski dibuka dengan penerbangan perintis. Tapi, Siswanto optimistis harapan itu bisa terwujud apabila pasar sudah terbentuk.

Tidak hanya rute Jambi - Kerinci, Bandara Sultan Thaha juga membuka peluang untuk mengoperasikan rute Jambi-Yogyakarta. Penerbangan tersebut kemungkinan sudah bisa direalisasikan pada bulan Maret tahun depan.

Kehadiran dua rute tersebut diyakini bisa berdampak positif terhadap perkembangan pariwisata dan ekonomi di wilayah tersebut. Bandara Sultan Thaha juga menjadi titik penting untuk konektivitas di Sumatra.(*)

Tombol Google News

Tags:

susi air Jambi-Kerinci penerbangan Bandara Sultan Thaha