Mengenal CEO Muda Wafdullah Travel, Umur 27 Tahun Sukses Menghantar 5.000 Jemaah Umrah

Jurnalis: Muhsin Budiono
Editor: Mustopa

26 Juni 2024 23:37 26 Jun 2024 23:37

Thumbnail Mengenal CEO Muda Wafdullah Travel, Umur 27 Tahun Sukses Menghantar 5.000 Jemaah Umrah Watermark Ketik
Ustaz Abdu (kanan) nampak memberikan arahan pada staff Wafdulloh selepas meninjau kondisi tenda Maktab jemaah Haji Furoda (Foto: Muhsin Budiono/Ketik.co.id)

KETIK, JAKARTA – Di tengah gemerlapnya industri pariwisata, khususnya wisata religi, hadir PT Wafdullah Tamu Mulia (Wafdullah Tour & Travel) yang membawa angin segar dengan komitmennya untuk mengantarkan jemaah haji dan umrah Indonesia ke Tanah Suci dengan berlandaskan Al-Qur'an dan Sunnah. 

Di pucuk pimpinan perusahaan ini, terdapat sosok inspiratif bernama Muhammad Fadhli Abdurrohmaan, atau yang biasa akrab disapa Ustaz Abdu. 

Masa Muda dan Awal Mula Wafdullah Travel

Lahir di Depok pada tanggal 28 Januari 1997, Ustaz Abduh menapaki perjalanan hidup yang tidak mudah hingga sekarang bisa memimpin Wafdullah travel. Menempuh pendidikan di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) jurusan Pendidikan Agama Islam dan Lulus tahun 2019.

Semenjak SMA, Ustaz Abduh telah menunjukkan jiwa entrepreneurnya dengan mulai mencoba menggeluti usaha jasa booking hotel untuk jamaah umroh di Saudi Arabia secara B2B (Business to Business). 

Kegigihannya dalam belajar secara otodidak dan membangun networking di Arab Saudi mengantarkannya mengetahui seluk beluk pemesanan hotel sekaligus menguasai Bahasa Arab dengan baik sebagai bekal berharga dalam mengarungi dunia travel haji dan umrah ke depannya. 

Foto Jurnalis Ketik.co.id (Muhsin Budiono) berfoto bersama Ustaz Abdu  di Mekkah (Foto: Muhsin Budiono/Ketik.co.id)Jurnalis Ketik.co.id (Muhsin Budiono) berfoto bersama Ustaz Abdu di Mekkah (Foto: Muhsin Budiono/Ketik.co.id)

Berdiri Kokoh di Atas Fondasi Kepercayaan

Pada tahun 2018, Wafdullah Travel resmi didirikan dengan status badan hukum. Tak lama kemudian Wafdullah berhasil mengantongi izin PPIU (Penyelenggara Ibadah Haji dan Umrah) dari Kementerian Agama (Kemenag). 

Mendapat izin PPIU ini bukan hal yang mudah, sebab diperlukan pengalaman waktu satu tahun operasional dan minimal telah memberangkatkan 1000 jemaah umrah yang terdaftar di Kemenag untuk memenuhi syarat PPIU.

Berkat kerja keras dan komitmennya, Wafdullah Tours & Travel hingga bulan Juni 2024 ini telah memberangkatkan lebih dari 5.000 jamaah umrah dan 250 jemaah haji plus, haji khusus, dan haji furoda. 

Tantangan dan Perkembangan Wafdullah Travel

Bisnis travel haji dan umrah tak luput dari kesulitan dan tantangan-tantangan. Jurnalis Ketik.co.id yang kebetulan pada musim haji tahun ini berkesempatan mewawancarai langsung di kota Mekkah Al Mukaromah sempat menanyakan hal tersebut kepada Ustaz Abdu.

"Tantangan yang paling terasa salah satunya adalah regulasi Pemerintah yang kerap berubah. Baik Pemerintah Saudi maupun Pemerintah Indonesia", terang Ustaz Abdu.

Sebagai contoh pemberlakuan nusuk digital atau smart card bagi jemaah haji tahun ini. Sehingga perlu koordinasi intens dengan pihak Maktab dan Mashariq. Dengan kepemimpinannya yang tanggap dan solutif, Ustaz Abdu mampu membawa Wafdullah Travel melewati berbagai tantangan tersebut. 

Saat ini, Wafdullah Travel telah berkembang pesat dengan memiliki karyawan lebih dari 50 orang, baik di Indonesia maupun di Saudi Arabia. Cabang-cabangnya pun tersebar di berbagai kota di Indonesia, seperti Bengkulu, Solo, Surabaya, Jember, Magetan, Bandung, dan Semarang.

Kepercayaan dan kepuasan para klien menjadi bukti nyata komitmen Wafdullah Travel. Beberapa perusahaan ternama di Indonesia, seperti PT Elnusa, Jaris & K, PNM dan PLN, telah mempercayakan Wafdullah Travel untuk mengantarkan karyawan-karyawan mereka menunaikan ibadah haji maupun umrah. 

Sosok Inspiratif Wafdullah Travel

Ustaz Abdu tidak hanya dikenal sebagai pemimpin yang handal, tetapi juga figur inspiratif bagi para karyawannya. Ketekunannya dalam bekerja dan kesederhanaan pribadinya menjadi panutan bagi banyak orang, terutama anggota keluarga besar beliau yang sebagian dilibatkannya pula dalam bisnis Wafdullah group. 

Di tengah kesibukan mengelola Wafdulloh, Ustaz Abdu tetap meluangkan waktu untuk kebersamaan dan pendidikan keluarganya. Ia menikah dengan Laeli Mutia dan telah dikaruniai 3 orang anak.

Selain support dan doa dari istri tercinta, kunci sukses Ustaz Abduh adalah doa dari kedua orang tua terutama Ibunda tercinta. Tak jarang di saat menemui permasalahan atau kendala teknis di luar prediksi dalam melayani jemaah haji dan umroh ketika di Saudi, Ustaz Abdu menyempatkan sejenak menelepon sang ibu untuk meminta bantuan doa. 

"Selepas menelpon ibu biasanya hati jadi langsung tenang dan tak lama kemudian ada saja muncul solusi atau kemudahan", ujar Ustaz Abdu. 

Kisah inspiratif Ustaz Abdu dan Wafdullah Travel menjadi cerita tersendiri bahwa kesuksesan dapat diraih dengan kerja keras, keteguhan, dan komitmen untuk memberikan pelayanan terbaik. 

Di bawah kepemimpinannya, Wafdullah Travel terus berkembang dan dipercaya oleh banyak orang untuk menjadi mitra dalam menunaikan ibadah haji dan umroh jemaah Indonesia. 

Ustaz Abdu dan Wafdullah Travel akan terus menebar amanah dan kebaikan di Tanah Suci, menghantar para jemaah untuk menggapai ridho ilahi maupun menyempurnakan rukun Islam meraih kebahagiaan hakiki di akhirat.(*)

Tombol Google News

Tags:

Ustaz Abdu Wafdullah Travel Haji dan Umrah