Masih Stabil, Harga Hewan Ternak untuk Idul Adha

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Marno

11 Juni 2024 22:02 11 Jun 2024 22:02

Thumbnail Masih Stabil, Harga Hewan Ternak untuk Idul Adha Watermark Ketik
Mujib terlihat sedang memberi makan hewan kurban dagangannya. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Jelang peringatan Hari Raya Idul Adha yang tinggal menghitung hari, harga hewan kurban bisa dibilang masih tergolong stabil jika dibandingkan dengan tahun lalu. 

Salah satu pedagang hewan ternak Mujib mengatakan untuk stok dan harga hewan ternak saat ini masih stabil tanpa adanya kenaikan. Untuk harga sapi masih berkisar dari Rp 17 juta hingga Rp 70 juta tergantung jenis dan beratnya. Sedangkan untuk kambing harganya berkisar Rp 3 juta hingga Rp 6 juta.

Foto Beragam jenis sapi yang dijual untuk Idul Adha. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)Beragam jenis sapi yang dijual untuk Idul Adha. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

"Untuk harga tahun ini masih stabil, tidak ada kenaikan masih sama seperti tahun lalu," jelas Mujib kepada Ketik.co.id.

Pedagang asal Kediri tersebut menambahkan untuk penjualan tahun ini bisa dibilang masih bagus. Dari jumlah 210 hewan ternak yang dibawanya sekitar 110 ekor sudah terjual selama 10 hari dirinya berjualan. Angka penjualan ini akan terus bertambah mengingat Hari Raya Idul Adha masih sekitar 1 minggu lagi.

"Yang uda terjual ada 210, dengan rincian 80 ekor sapi dan 30 ekor kambing. Karena harganya yang stabil banyak masyarakat yang masih mencari hewan kurban," tambahnya.

Baca Juga: Ini Cara Mengetahui Hewan Kurban yang Sehat

Hal senada diungkapkan  Deny Setiawan  salah seorang pedagang hewan kurban. Untuk tahun ini harga hewan kurban cenderung stabil, bila erjadi kenaikan harganya tidak akan terlalu jauh. Pedagang asal Kota Surabaya ini menjelaskan sapi masih menjadi hewan kurban favorit yang dicari oleh masyarakat.

"Untuk harga masih normal, kalaupun naik paling cuma beberapa ratus ribu. Jadi tidak signifikan. Untuk kambing juga masih ada peminatnya, walaupun tidak sebanyak sapi," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Harga hewan ternak Kurban Idul adha pedagang Peternak Harga stabil