Konsisten Gelar Petik Laut, Cara Nelayan Sendangbiru Syukuri Hasil Tangkapan

Jurnalis: Gumilang
Editor: Muhammad Faizin

27 September 2024 21:02 27 Sep 2024 21:02

Thumbnail Konsisten Gelar Petik Laut, Cara Nelayan Sendangbiru Syukuri Hasil Tangkapan Watermark Ketik
Para nelayan Sendangbiru saat berada di kapal antusias menyaksikan petik laut. (Foto: Polsek Sumbermanjing Wetan )

KETIK, MALANG – Nelayan Sendangbiru di Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang konsisten dari tahun ke tahun menyelenggarakan Petik Laut untuk mensyukuri ikan hasil tangkapan. Petik laut tersebut diselenggarakan Jumat, 27 September 2024.

Prosesi Petik Laut disaksikan langsung Plt Bupati Malang Didik Gatot Subroto. Sebelum petik laut, terlebih dahulu dilaksanakan kirab hasil bumi. Kirab dilakukan mulai dari sekitar permukiman warga, kemudian diarak menuju pelabuhan.

Sesampainya di pelabuhan Sendangbiru, terlebih dahulu dilakukan serangkaian prosesi. Salah satu adalah berdoa yang dipimpin pemuka agama. Kemudian, hasil bumi tersebut dinaikan ke perahu termasuk tumpeng berukuran besar.

Berbagai hasil bumi tersebut kemudian dibawa ke tengah laut menggunakan perahu. Perahu maupun kapal nelayan berlomba-lomba memacu kecepatan menunju tengah laut.

Sesampainya di tengah laut, berbagai hasil bumi tersebut kemudian dilepaskan. Jalannya kegiatan tersebut mendapat kawalan dari Satpolairud Polres Malang, BPBD dan PMI.

Tujuannya untuk memastikan keselamatan nelayan dan yang menyaksikan prosesi Petik Laut. Petik Laut tersebut merupakan cara Nelayan Sendangbiru mensyukuri hasil tangkapan ikan selama tahun ini.

Dalam kesempatan ini, Plt. Bupati Malang Didik Gatot Subroto turut mengikuti prosesi petik laut bersama-sama warga yang menyertakan sesajen dengan naik perahu ke tengah laut.

''Alhamdulillah saya lihat kegiatan Petik Laut Sendangbiru tahun ini lebih semarak. Selain itu, tingkat partisipasi dari masyarakat juga lebih tinggi. Dengan begitu, menunjukkan tingkat kemakmuran dari nelayan Sendang Biru. Menurut kami pemandangan ini menjadi salah satu ukuran," ujarnya.

Ia berharap kegiatan semacam ini bisa tetap dipertahankan dan digelar lebih semarak. Tak hanya itu, ia juga turut mendoakan target tangkapan ikan para nelayan juga lebih tinggi dari sebelumnya.

Dengan begitu, pada saat petik laut ini kembali diselenggarakan memiliki efek yang luar biasa terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar.

''Tadi juga terlihat banyak para pedagang atau UMKM nya juga ikut andil berjualan di sekitar lokasi kegiatan, tingkat partisipasi para pemuda di bidang olahraga juga tinggi dengan menyelenggarakan lomba mancing dan turnamen bola voli. Semoga Allah meridhoi atas niat baik para nelayan Sendang Biru dan warga Desa Tumpakrejo, sehingga tujuannya pencapaian hasil tangkapan ikan ke depan harus meningkat," ucapnya..

Terakhir kata ia, kegiatan ini tidak semata-mata untuk para nelayan dan warga desa. Namun memberikan manfaat dan efek ekonomi kepada warga masyarakat sekitarnya.

Dicontohkan, diantaranya pertumbuhan UMKM bisa meningkat, dan gairah seni kebudayaan yang juga bisa ditampilkan. Sehingga ini merupakan kolaborasi yang apik, sehingga layak tetap dipertahankan dan harus diuri-uri dengan setiap tahun bisa diselenggarakan," tuturnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Petik Laut Sendangbiru Kabupaten Malang Nelayan